poskomalut.com
baner header

1.027 Calon PPS se-Halbar Ikut Tes Tertulis

JAILOLO-PM.com, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), menggelar tes tertulis bagi panitia pemungutan suara (PPS). Sebanyak, 1.027 peserta calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) pemilihan Bupati dan wakil bupati Kab. Halbar pada Pilkada  2020 mendatang yang ikut dala  tes tersebut.

Tes tertulis ini dilakukan secara bersamaan di masing -masing Kecamatan Se- kabupaten Halbar. Koordinator Devisi SDM dan Parmas KPU Halbar Ramla Hasyim saat ditemui mengatakan, calon anggota PPS yang mengikuti tes tertulis ini adalah mereka yang lolos seleksi administrasi. “Tes tertulis ini kita lakukan dalam satu hari ini saja, dan dilakukan di  masing-masing yang ada di delapan kecamatan secara bersamaan,” kata  Ramla kepada wartawan, Rabu (4/03/2020).

Ramla menjelaskan, materi tes berkaitan dengan penyelenggaraan pemilihan atau Pemilu. Untuk  peserta yang lolos dari seleksi tertulis ini akan lanjutkan dengan tahapan tes wawancara. “Dari hasil tes tertulis ini, selanjutnya masuk pada tes wawancara. Dari hasil tes wawancara tersebut maka akan ditetapkan 3 orang/satu desa yang ada di Halbar,” ujarnya.

Disaat yang sama ketua PPK Kecamatan Jailolo Muhamad Asri Taib meyampikan, untuk peserta tes di kecamatan Jailolo sebanyak 185 peserta yang lolos seleksi berkas. Namun,  yang hadir dalam tes tersebut hanya 169 peserta dan 16 peserta tak hadir dalam tes tulis. Asri  berharap, pada tahapan seleksi PPS se- kecamatan jailolo nanti dapat melahirkan penyelenggara di tingkat desa yang profesional dan berintegritas.

“Kami berharap peserta test PPS yang lolos pada tes tertulis dan wawancara nanti dapat menjaga sikap independensinya sebagai seorang penyelengara, dengan tujuan untuk menciptakan pilkada yang jujur dan bersih,” tutupnya. (wm-01/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: