13 Desa dan 1 Kelurahan Di Oba Tengah Bersaing Program PKK

Penilaian Lomba Desa Kelurahan dan Lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Kecamatan Oba Tengah Tahun 2020 oleh Camat H Rudy Ipaenin

TIDORE-PM.com, Penilaian Lomba Desa Kelurahan dan Lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Kecamatan Oba Tengah Tahun 2020 selesai dengan aman, lancar dan sukses sejak dimulainya pada tanggal 1-12 Februari lalu, yang diikut 13 desa 1 kelurahan yang dimulai dari Desa Aketobatu dan berakhir di Kelurahan Akelamo.

Kepala Kecamatan Oba Tengah H Rudy Ipaenin, dalam pelaksananan penilaian mengatakan, perlombaan desa adalah salah satu agenda rutin Pemerintah yang dilaksanakan berdasarkan Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan dimaksud,.

Yaitu untuk menentukan status tertentu dari capaian hasil perkembangan sebuah desa, apakah masih dalam kategori Desa Kelurahan kurang berkembang atau telah masuk kategori berkembang, atau bahkan sudah masuk kategori cepat berkembang. Untuk mengetahui efektivitas dalam penyelenggaraan, Pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat serta untuk mengetahui tingkat kesejahtetaan masyarakat dan daya saing desa kelurahan. "Pada intinya tujuan pelaksanaan perlombaan desa kelurahan adalah untuk melihat tahapan, dan menentukan keberhasilan perkembangan desa kelurahan dalam kurun waktu januari sampai dengan desember,’’ kata Rudy.

Hasil Penilaian lomba Desa Kelurahan dan lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Kecamatan Oba Tengah Tahun 2020 ini direncanakan akan diumumkan pada Selasa, 18 Februari 2020 di Aula Kantor Camat Oba Tengah dihadapan para Para Kades, Lurah, Ketua dan Pengurus TP.PKK Desa / Kelurahan se-Kecamatan Oba Tengah. "Sesuai hasil penilaian, rata-rata Desa dan Kelurahan di Kecamatan Oba Tengah masuk dalam status Berkembang.’’ Ujar Rudy.

Sementara itu menurut Ketua TP.PKK Kecamatan Oba Tengah, Hj. Surasli Muin, S.AP mengatakan, lomba 10 Program Pokok PKK merupakan program pemerintah pusat, dan daerah yang dilaksanakan secara berjenjang sesuai Perpres Nomor 99 Tahun 2017 tentang Gerakan PKK dan Hasil Rakernas PKK Ke-VIII Tahun 2015.

Penilaian Lomba ini juga bukan untuk mencari-cari kekurangan bagi para peserta, namun lebih kepada upaya untuk lebih meningkatkan kinerja PKK sebagai mitra pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan sebagai pembinaan.(mdm/red)

Komentar

Loading...