poskomalut.com
baner header

14 Warga Binaan Rutan Weda Diusulkan Dapat Remisi Idul Fitri

WEDA-PM.com, Sebanyak 14 warga binaan pada Rumah Tahanan (Rutan) kelas II B Weda diusulkan mendapat remisi Idul Fitri tahun 1442 H.

Kepala Rutan Weda, Supriyanto mengatakan usulan remisi atau pengurangan masa tahanan telah diajukan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia, pekan lalu. “Iya, ada 14 warga binaan yang kami usulkan dapat remisi Idul Fitri,”kata Karutan Weda, Senin kemarin.

Remisi ini diberikan kepada mereka yang telah memenuhi syarat, seperti sudah menjalani masa hukuman 6 bulan dan berkelakuan baik. “Jadi, remisi ini hak mereka yang telah penuhi syarat,” ucap Karutan Weda.

Meski begitu, besaran remisi yang didapat warga binaan belum diketahui. Pasalnya, Surat Keputusan (SK) dari Kemenkumham belum keluar. “SK dari Kemenkumham belum ada. Mungkin sekitar 3-4 hari jelang Idul Fitri baru ada. Kan ini kolektif untuk Maluku Utara,”ujarnya.

Karutan menyatakan, warga binaan yang diusulkan dapat remisi rata-rata tersandung kasus pidana umum. Dari 14 ini ada yang baru pertama kali mendapatkan remisi sedangkan lainya sudah kedua kali. “Ada sekitar 6 yang baru akan dapat remisi, 8 warga binaan lainya sebelumnya sudah perna,”jelasnya. Diketahui, Rutan Weda dihuni 37 warga binaan.  Mereka ada yang tersandung kasus asusila, kasus pencurian, Tipikor dan Narkoba serta perlindungan anak.(msj/red)



Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: