poskomalut.com
baner header

191.807 Personel Pengamanan Gabungan Disiagakan Pada Operasi Lilin Kie Raha 2019

Kapolda Malut Pimpin Apel Operasi Lilin Kie Raha 2019

TERNATE-PM.com, Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut) dalam rangka pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 dengan Instansi terkait,  pada Kamis, (19/12/2019) melaksanakan Upacara Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin KieRaha2019.

Dengan mengusung tema ‘Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin-2019, Kita Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Pada Perayaan Natal 2019 Dan Tahun Baru 2020’, Upacara tersebut dilaksanakan di Lapangan NgaraLamo, Kelurahan Salero, Kecamatan Ternate Utara, yang dipimpin langsung oleh Kapolda Malut, Brigjen Pol Suroto, didampingi Danlanal Ternate Kolonel Laut (P) Whisnu Kusardianto dan Kabag Bin Ops Samapta AKBP Faruk Alkatiri selaku Komandan upacara Apel Gelar Pasukan.

Kapolda Malut, Brigjen Pol Suroto, memimpin apel operasi lilin kie raha 2019

Pantauan poskomalut.com, upacara ini juga dihadiri oleh Danrem 152/Baabullah, Kolonel Inf Endro Satoto, Wakapolda Malut, Kombes Pol Lukas Akbar AbriariSik. M.H, Danlanal Ternate Kolonel Laut (P) Whisnu Kusardianto, DirPolair Polda Malut, AKBP Adi Projikan, Dansad Brimob Polda Malut, AKBP M. Erwin, Wakil Walilota Ternate, Abdula Taher, Asisten I  Gubernur Provinsi Malut,  Umar Sangadji, Kapolres Ternate, AKBP Azhari Juanda, Mewakili Kabinda Malut,  Agung Prasojo, Mewakili Ka BNN Kasi Intel BNN, Lutfi Saleg, Kasat Satpol PP, Mewakili Kadishub Kota Ternate bpk. Zakaria, Mewakili Kakansar Ternate Kasi Oprasi dan siaga Sar Bpk. Saiful, Serta Pa,Ba Jajaran Polda Malut dan tamu undangan yang hadir sekitar 550 Orang.

Sedangkan anggota yang mengikuti Apel Gelar Pasukan terdiri dari Yonif RK 732/Banau Ternate, Denpom, Brimob, Sabhara, Polairud, Lantas, Intel gabungan Polda Malut, Dalmas, Patmor Polres Ternate, Pam Obvit, Dishub, Satpol PP, Basarnas, Damkar, Jasa Raharja dan Linmas kota Ternate.

Kapolda Malut saat memberikan sambutan serta amanat dari Pimpinan tinggi Kepolisian Indonesia mengatakan, apel gelar pasukan yang diselenggarakan di Kota Ternate, juga diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran di Indonesia. “Apel Gelar Pasukan ini bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personel dan peralatan pengamanan, soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan, serta menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam merayakan Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020,” ungkapnya.

Kapolda menambahkan, Operasi Lilin tahun 2019 merupakan operasi kepolisian terpusat yang akan dilaksanakan selama 10 hari, terhitung dari Senin, (23/12/2019), sampai Rabu, (01/01/2020). ” Fokus pengamanan adalah 61.308 obyek di seluruh Indonesia baik gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, obyek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, stasiun KA, dan bandara,” terangnya.

Dalam pelaksanaannya, operasi ini akan melibatkan 191.807 personel pengamanan gabungan yang terdiri atas 121.358 personel Polri, 17.190 personel TNI, serta 55.259 personel yang berasal dari Instansi terkait antara lain, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, Senkom dan instansi lainnya. Kekuatan personel tersebut akan ditempatkan pada 1.792 titik pos pengamanan, 745 titik pos pelayanan, dan 45 titik pos terpadu. Strategi yang diterapkan dalam operasi ini adalah mengedepankan tindakan preemtif dan preventif dengan didukung kegiatan intelijen, berupa deteksi dini dan deteksi aksi,serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. (Cr02-red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: