poskomalut.com
baner header

Iswan Hasjim Mundur Setelah Penetapan KPU Ternate

LABUHA-PM.com,  Niat Wakil Bupati Halmahera Selatan, Iswan Hasjim maju bertarung di pemilihan wali kota (pilwako) Ternate 2020 mendatang, nampaknya sudah pasti. Mantan Kadis Pendidikan itu memantapkan diri untuk maju di pilwako, dibuktikan dengan melakukan pendaftaran ke sejumlah partai politik (parpol). Disamping itu juga terlihat melakukan konsolidasi ke sejumlah tokoh masyarakat kota Ternate.

Dengan demikian, sudah barang tentu memiliki kosukwensi politik dimana bersangkutan harus rela melepaskan jabatanya wakil bupati secara parmanen, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 tentang pemilihan gubernur, bupati dan wali kota.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Halsel,  Kahar Yasin, yang dikonfirmasi kepada Posko Malut Kamis (3/10/2019) menjelaskan , status Wakil Bupati Iswan Hasjim yang akan maju di pilwako Ternate sesuai ketentuan harus mengundurkan diri secara parmanen. Kahar mengaku status Wabup Iswan berbeda dengan Bupati Bahrain Kasuba selaku petahana yang maju kembali di periode kedua itu sesuai UU hanya dikenakan cuti.” Kalau petahana yang mencalonkan diri kembali itu hanya diberi Cuti, tetapi bila maju di daerah lain maka sanksinya mundur parmanen. “terang Kahar.

Wabup Iswan baru akan dinyatakan mundur setelah ada penetapan bakal calon dari KPU. Sedangkan terkait pergantian posisi wakil bupati merupakan hak sepenuhnya partai pengusung menentukan siapa penganti. Karena sesuai SK masa jabatan Bupati Bahrain Kasuba dan wabup Iswan Hasjim baru akan berakhir pada tahun 2021.

Memanggapi hal ini Sekretaris DPC Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Halsel, Usman Hamzah mengatakan, selaku partai pengusung bersama PKS, akan mengajukan nama nama penganti Iswan Hasjim.”Kami di Hanura sudah menyiapkan 2 nama untuk menganti Iswan Hasjim dari jabatan wabup,  yakni Ketua DPC Hanura Robby Sondak dan saya sendiri Usman Hamzah selaku Sekretaris,”katanya. (red) 

Artikel ini sudah diterbitkan di SKH Posko Malut, edisi Jumat 04 Oktober 2019, dengan judul ‘Iswan Mundur Setelah Penetapan KPU’

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: