poskomalut.com
baner header

Tim Keadilan Mendiang Kiki Protes Hakim PN Soasio

TIDORE-PM.com, Tim pendampingan perjuangan keadilan mendiang Kiki Kumala, korban pembunuhan yang tewas di tangan M. Irwan Tutuwarima alias Ronal, memprotes keras sikap Kepala Pengadilan Negeri (PN) Soasio Kota Tidore Ennierlia Arientwaty SH.

Tim ini berencana melaporkan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Soasio Kota Tidore Ennierlia Arientwaty SH, selaku hakim ketua perkara M. Irwan Tutuwarima alias Ronal ke Mahkamah Agung, karena menggelar sidang secara tertutup. Bagi tim koalisasi perjuangan mendiang Kiki Kumala, ini merupakan sebuah proses sidang yang salah.

’ Kami punya hak sebagai pendamping yang dari awal mencari dan mendampingi keluarga korban untuk memperjuangkan keadilan Kiki ikut dalam siding, tapi kenapa semua dilakukan secara tertutup. Ada apa,’’ kesal tim  pusat pelayanan terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2) Nurdewa Safar, yang tergabung dalam tim advokasi perjuangan Kiki.

Menurut Nurdewa, apa yang dilakukan majelis hakim merupakan sebuah langkah salah. Perspektif seorang hakim dengan tidak melibatkan mereka selaku tim advokasi keadilan Kiki, sidang tertutup sebagaimana tata beracara boleh dilakukan bilamana kasus yang ditangani yakni  KDRT, dan lekerasan seksual  terhadap anak.

’’Terdakwa melakukan tiga pelanggaran dakwaan pemerkosaan, pencurian dan pembunuhan, lantas apa yang harus ditutupi oleh hakim,’’kesal Nurdewa. . (tox/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: