poskomalut.com
baner header

Kejati Malut Bakal Dampingi Penggunaan Anggaran Covid-19

TERNATE-PM.com, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku Utara (Malut) Eryyl Prima Puetra Agoes mengatakan bakal melakukan pendampingan hukum atas semua anggaran yang bersumber dari kegiatan Covid-19 di Provinsi Malut. Pasalnya, saat sesuai pemberitaan sejumlah media lokal di Malut Pemprov Malut sudah mencairkan anggaran Covid-19 sebesar Rp 20 miliar.

“Semua kegiatan anggaran Covid-19 dimintakan pendampingan hukum kejaksaan sesuai arahan Jaksa Agung,”kata Erryl Prima kepada Poskomalut.com, Kamis (11/6/2020).

Disisi lain, Kapala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejati Malut Ricard Sinaga kepada sejumlah wartawan, mengatakan pada prinsipnya penganggaran Covid-19 berupa bantuan sosial terhadap masyarakat yang dampak Covid-19 di Malut, tetap di awasi dan itu bukan hanya Kejaksaan sendiri yang di suruh melakukan pengawasan, tetapi semua stakeholder semuanya tetap melakukan pengawasan. Sehingga bantuan itu lebih tepat sasaran dan tujuannya, dan jangan sampai ada yang melakukan penyimpanan bantuan sosial tersebut.

“Walaupun sering terjadi komplen dari masyarakat, tetapi itu tidak serta merta kita langsung katakan ini salah, tetapi kita harus lihat dari sisi permasalahannya. Karena yang namanya bantuan ini langsung kepada masyarakat, sehingga kita harus benar-benar untuk itu,”tuturnya.

Lanjutnya, terkait dengan penyaluran Bansos yang tidak merata, karena dirinya juga baru jadi belum bisa menyampaikan itu. Sehingga dirinya juga tidak tahu juga apakah penyimpangan sampai terjadinya kerugian negara.”Saya rasa kejaksaan tugasnya dengan intansi-intansi lain mempunyai fungsi melakukan pengawasan yang sangat ketat terhadap bantuan sosial,”jelasnya.

Ia menambahkan, apalagi sekarang Negara dalam keadaan pandemi Covid-19 seperti ini. Dirinya rasa ini bukan hanya Indonesia yang merasakan ini, tetapi Dunia mengalami ini. “Mari kita sama-sama pihak Media, LSM, masyarakat maupun Pemerintah Daerah kita sama-sama mengawasi itu,”pungkasnya. (sam/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: