poskomalut.com
baner header

Kroscek Kebenaran Aktifitas PT Puncak Salagor, DLH Tidore Akan Turun Cek Kondisi Lingkungan

TIDORE-PM.com, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tidore Kepulauaan akan segera turun ke lokasi untuk melihat dugaan aktifitas Galian C yang dimanfaatkan PT Puncak Salagor untuk kebutuhan material Embung, di Kelurahan Mafututu Kecamatan Tidore Timur.

Demikian disampaikan Sekretaris DLH Kota Tidore Yahya Idris kepada Posko Malut ,” Kami baru mendapat informasi dan akan segera kami turun ke lokasi melihat kondisi lingkungan sekitar pembangunan embung dari Balai Wilayah Sungai Malut itu,” Kata Yahya.

Dipertegaskan Yahya, jika benar adanya aktifitas Galian C untuk pemanfaatan material Embung Mafutu maka itu sudah pasti menyalahi aturan, sebab rekomendasi lingkungan yang dikeluarkan DLH hanyalah untuk pembangunan embung saja tidak untuk pemanfaatan lainya. “Ini Info kami baru dapat setelah ketua Komisi III DPRD Tidore beritahukan,”ujar Yahya.

Sementara itu Ketua Komisi III DPRD Kota Tidore Malik Hi Muhammad menegaskan, akan meninjau lokasi pembangunan embung yang baru diketahuinya , begitu juga dengan dugaan aktifitas galian C yang berdekatan dengan pembangunan Embung. “Informasi awalnya sudah kami tau dan kami akan periksa lokasi secepatnya,” Tegas Malik.

Sisi lain dari permasalahan ini , masyarakat berharap penegak Hukum untuk segera bersikap mempertanyakan pihak Balai wilayah Sungai terkait dengan dokumen pekerjaan embung di Kota Tidore, apakah harus menggunakn material di Gurabati maupun Kelurahan lainya, ataukah standar material lainya yang harus digunakan pihak Balai sebagaimana dalam ketentuan perundangan maupun edaran menteri PUPR.(mdm/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: