poskomalut.com
baner header

Humas Gustu Covid-19 Malut Gendeng Media Berikan Edukasi

TERNATE-PM.com, Bidang Kehumasan Gugus Tugas (Gustu) Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Utara menggandeng media elektronik, cetak, dan online di Kota Ternate untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait Covid-19. Hal itu dibahas dalam rapat bersama gustu di ruang rapat posko gustu P2 Covid-19 Malut, pada Rabu (10/6/2020).

Pertemuan itu dipimpin Koordinator Bidang Kehumasan Gugus Tugas P2 Covid-19 Malut Mulyadi Tutupoho didampingi Kabid Pemberitaan RRI Ade Rosaidi, beserta 24 orang jurnalis, kontributor media elektronik di wilayah Kota Ternate.

Mulyadi menuturkan, media menjadi instumen penting dalam memberkan informasi dan edukasi sekaligus menangkal isu hoaks di tengah pandemi. Menurutnya, media memiliki tanggung jawab moril memberikan informasi kepada masyarakat soal Covid-19 secara proporsional untuk menghindari kepanikan publik akibat berita tidak benar alias hoaks dan narasi negatif yang tersebar di masyarakat secara tidak bertanggungjawab.

”Banyak informasi palsu sehingga menghasilkan stigma negatif tentang penanganan Covid-19 di wilayah Malut sehingga diperlukan adanya sinergitas dan kerjasama yang kuat antara bidang kehumasan sebagai corong dari gugus tugas bersama media sehingga masyarakat dapat menerima informasi yang akurat,” ujar Mulyadi.

Lanjut Mulyadi, media juga dapat berpartisipasi langsung sebagai garda terdepan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Malut sekaligus mengajak masyarakat berperan aktif mengakhiri pandemi.

”Ini diperlukan adanya informasi-informasi yang akurat dari sumber yang kredibel sehingga tidak terjadi kesimpangsiuran informasi dikalangan masyarakat oleh karenanya peranan media menjadi sangat vital sebagai sumber informasi publik,”jelasnya

Ia mengatakan mengatakan, pihaknya juga mendorong kreatifitas masyarakat melalui lomba desain kreatif tentang bahaya covid secara online.

“Terbuka untuk umum ini juga bagian kita dalam mengedukasi masyarakat dengan cara milenial sehingga diharapkan dapat berjalan efektif dan tepat sasaran,” pungkasnya. (red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: