poskomalut.com
baner header

Kuker DPRD Temukan Pelabuhan Semut Tak Jalankan Protap Kesehatan

TERNATE-PM.com, Kunjungan kerja mendadak dilakukan oleh Komisi I DPRD ke Pelabuhan Semut Kota Ternate menyangkut kenaikan tarif tiket speed boat rute Ternate-Sofifi.

Kepada poskomalut.com, Senin (15/6/20) Ketua Komisi I DPRD Kota Ternate Mochtar Bian mengatakan, kujungan ke pelabuhan Semut dalam rangka mengetahui kenaikan tarif speed boat rute Sofifi-Ternate dan Ternate-Sofifi.

“Dalam kunjungan tersebut kami tidak dapat penjelasan dari petugas pelabuhan Semut terkait dengan kenaikan tarif speed boat. Kata petugas pelabuhan, kenaikan tarif speet boat itu bukan ranah mereka,” ungkap Mochtar saat dihubungi via telepon.

Lanjut Mochtar, petugas hanya mengacu pada peraturan Mentri no 15 tahun 2016 terkait dengan Penerima Anggaran Bukan Pajak (PNBP) atau jenis dan tarif atas jenis penerimaan Negara bukan pajak yang berlaku pada Kementerian Perhubungan.

“Jadi tiket tetap masi Rp 50.000 namun penumpang itu sesuai dengan kapasitas speed boat, misalnya dalam 1 speed boat ada 12 penumpang maka tidak ada pengurangan penumpang,” ujarnya.

Sementra tiket rute Sofifi-Ternate per orang Rp 100.000 namun jumlah penumpang dikurangi 50 persen dari standar awal.

“Jadi kalau penumpang 12 orang maka mereka kurangi 6 orang namun tiket naik dari Rp 50.000 menjadi Rp 100.000,” jelasnya.

Mochtar menambahkan, terkait dengan kenaikan harga tiket ini, DPRD Kota Ternate belum mendapatkan surat secara resmi dari instansi terkait.

Mochtar menyatakan, setelah melakukan tinjauan langsung, ditemukan aktivitas dari Ternate ke Sofifi seperti biasa, dan sangat disayangkan pelabuhan Semut tidak menerapkan protokol kesehatan dan tidak menjalankan anjuran pemerintah yang mana batas penumpang itu hanya 50 persen.

“Rute Ternate-Sofifi biaya tarif masi Rp 50.000 namun tidak mengurangi jumlah penumpang dan tidak menerapkan anjuran pemerintah terkait protokol kesehatan,” kesalanya. (ris-red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: