poskomalut.com
baner header

Pemkot Ternate “Setengah Mati”, Sekkot : Dana Transfer Hanya Cukup Bayar Gaji

TERNATE-PM.com, Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate merasa kesulitan dengan kebijakan pemerintah pusat (Pempus) yang memotong dana transfer 10 persen dari Rp. 55 miliar yang diterima Pemkot Ternate tiap bulan. Pasalnya kebijakan Pempus di masa pendemik Covid-19, membuat Pemkot terbebani.

“Jadi kami (Pemkot) ini yang mengelola dana tranfren dari Pempus sebesar Rp 45 miliar merasa sangat setenga mati. Karena sebelum Covid-19 itu total yang di kelolah senilai Rp 55 miliar,” kata Sekkot Ternate Dr.Jusuf Sunya, kepada Posko Malut, Minggu (14/06).

Menurut mantan Kadisnakertrans Kota Ternate ini, pemotongan dana transfer 10 persen ini, maka hanya cukup mampu membayar gaji pegawai dan anggota DPRD. Dana tranfrer ini ketika dirincikan pembayaran gaji pegawai dan para anggota DPRD Kota Ternate dengan total Rp 25 miliar tersisa Rp 15 miliar. Lebih menyulitkan Pemkot saat pembayaran gaji 14 bulan, karena anggarannya tidak cukup terpaksa sebagaian gaji pegawai tunda, sambil menunggu dana transfer bulan berikutnya dibuka 10 miliar untuk pembayaran gaji.

“Kita Rp 10 miliar baru dilakukan penyesuaian-penyesuaian pembayaran gaji bulan sebelumnya. Tak bisa dibayarkan satu kali, karena tunggu dana tranfer bulan berikut masuk tutupi defisit bulan sebelumnya,” ujarnya.

Mantan Kabag Humas Pemkot Ternate menyebutkan, pihaknya memang melakukan pemangkasan, mulai dari belanja modal, belanja pegawai, belanja jasa dan perjalanan dinas dipangkas habis. “Berpengaruh ini karena dari awal Pempus sudah melakukan pemangkasan-pemangkasan, sementara pemerintah daerah di tuntu fokus terhadap Covid-19, artinya semua anggaran di masukan ke Covid-19 usai dari pemangkasan. Sehingga jangan heran ada dana kelurahan belum jalan, tunjangan pegawai dan bahkan tunjangan sekertariat juga belum terbayar di tiga bulan tetalhir dan ini sangat dikatakan ‘hal memang,” pungkasnya. (nox/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: