poskomalut.com
baner header

Warga Nilai DLH Tidore Hanya Datang Tonton Embung Bukan Investigasi

TIDORE-PM.com, Sejumlah masyarakat Kelurahan Gurabati Kecamatan Tidore Selatan menilai pernyataan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tidore Yahya Idris, yang tidak menemukan adanya indikasi aktifitas Galian C yang dilakukan PT Puncak Salagor di lokasi pembangunan Embung Gurabati, sebuah pernyataan malas kerja seorang birokrasi.

Kepada Posko malut, Senin ( 15/6/20) sore tadi, sejumlah warga Kelurahan Gurabati menyatakan, seharusnya Tim DLH dalam melakukan investigasi harus memeriksa kondisi tanah dan mengetahui kerusakan yang diakibatkan dari pekerjaan embung, maupun pengambilan material yang ada untuk kepentingan pembangunan Embung Mafututu.

“Masa lokasi Galian C di Tomalou dan Tomagoba basar itu kong dong angkut bawa material di Gurabati, kontraktor rugi bayar dobol-dobol ,’’ kata sejumlah warga kepada posko malut, saat membaca pernyataan Sekretaris DLH Tidore Yahya Idris.

Tak hanya itu, warga juga menyesalkan tim DLH yang hanya turun menonton dan duduk bersama dengan pihak terkait dalam pengelolaan proyek embung, seharusnhya DLH melakukan pemeriksaan sesuai metode pemeriksaan bukan diarahkan atau hanya mendengar penjelaskan pengawas, PPK dalam proyek embung itu kemudian menjadikannya sebagai hasil pemeriksaan, warga Gurabati akan siap menjadi saksi dalam penanganan perkara dugaan pengambilan material galian C di Gurabati untuk kepentingan proyek embung Mafututu yang saat ini informasinya telah sampai ke penegak Hukum.

Sebelumnya, Sekretaris DLH Kota Tidore Yahya Idris menyatahkan, tidak ada galian C di Gurabati setelah amatannya di lapangan, dari pengalaman selama ini dirinya tak menemukan adanya aktifitas galian C, olehnya itu dirinya menyakini penjelasan Joko Warsiya selaku pengawas kegiatan pembangunan embung, dan mendengar langsung penjelasan PPK Proyek Edi Sukirman, ST,MT dan Ruslan Amir, ST selaku Direksi beserta pemilik tanah Hj Cen tidak ada aktifitas galian C. (mdm/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: