poskomalut.com
baner header

Dukcapil Ternate Fokus Layani Tamatan SMA Baru yang Membuat e-KTP

TERNATE-PM.com, Komisi I DPRD Kota Ternate melakukan kunjungan kerja di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Ternate, Selasa 16 Juni 2020. Kunjungan tersebut guna meninjau pelayanan Online dimasa pandemi Covid-19, dan pelayanan rekaman e-KTP bagi siswa SMA yang baru tamat sekolah.

Ketua Komisi I DPRD Kota Ternate Mochtar Bian, yang ditemui poskomalut.com usai kunjungan mengatakan, kuker difokuskan pada pelayanan pembuatan e-KTP terhadap sisiwa yang baru tamat Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Karna siswa SMA yang baru tamat ini akan menempuh pendidikan tinggi yang diharuskan memiliki e-KTP,” ujarnya.

Ia menuturkan, Dukcapil Kota Ternate akan menyiapkan satu gedung agar bisa melayani siswa SMA yang baru tamat ini, dengan syarat proses perekaman e-KTP harus mematuhi protokol kesehatan.

“Pelayanan perekaman e-KTP di gedung terpisah ini, difokuskan pada siswa SMA yang baru tamat, setelah itu baru dilakukan pelayanan untuk masyarakat umum,” tututrnya.

Mochtar menyatakan, sebenarnya program pemerintah pusat terkait perekaman e-KTP ini sudah diterapkan disetiap sekolah, namun kurangnya perhatian dan respon para kepala sekolah sehingga program tersebut gagal realisasikan.

Angota fraksi PKB ini juga menambahkan, ternyata Dukcapil Kota Ternate sudah membuat perencanaan pelayanan pembuatan e-KTP secara online sebelum masa pandemi Covid-19.

“Artinya kita mengharapkan pada Dukcapil, pelayanan secara online jangan hanya dilakukan dimasa pandemi saja, akan tetapi selesai pendemi pun mestinya lebih ditingkatkan,” imbuhnya.

“Secara teknis, pemohon hanya mengirimkan syarat yang diminta pihak Dukcapil via WhatsApp, baik itu pembuatan surat pindah, KK, pelayanan akta dan pembuatan KTP. Dukcapil juga sudah bekerja sama dengan ojol untuk pengantaran berkas berbentuk fisik ke rumah masing-masing, jadi warga tingal menunggu dirumah,” tutupnya. (Ris/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: