poskomalut.com
baner header

DPRD Kota Ternate Soroti TTP yang Terancam Hangus

Pemkot Diminta Seriusi Penanganan Dampak Covid-19

TERNATE-PM.com, DPRD Kota Ternate menyoroti soal Tunjangan Tambahan Penghasilan (TPP) yang terancam hangus. Melalui Ketua Komisi II Mubin A.Wahid, DPRD menilai Pemerintah Kota Ternate harus lebih fokus pada tiga unsur dalam penanganan Covid-19, yakni kesehatan, jaringan penanangan sosial, dan pemberdayaan UMKM.

Pemerintah Kota Ternate diminta melakukan rasionalisasi sesuai dengan aturan pemerintah pusat yakni belanja pegawai tidak ditentukan, sedangkan belanja modal, barang dan jasa minimal 50 persen, sehingga Pemkot mampu melihat hal mana yang urgen dan tidak urgen.

“Harus ada prioritas, apakah belanja pegawai dalam hal ini TPP lebih utama, penanganan jaring pengaman sosial (bantuan sosial ) atau perkembangan ekonomi atau pula penimbunan tanah (reklamasi) disisi utara yang terpenting,” tanya Mubin.

Ia menyatakan, dampak dari adanya pandemi Covid-19, sangat dirasakan oleh masyarakat. sehingga butuh perhatian khusus dari pemerintah Kota Ternate. Menyangkut hal yang tidak urgen misal reklamasi baiknya dipending dulu. Pasalnya, sudah ada persetujuan bersama antara DPRD dan Pemerintah Kota Ternate soal itu.

“Disisi Selatan sudah selesai, waktu itu masih dalam keadaan normal. Tetapi untuk sisi Utara, kegiatan reklamasi dipending dulu, sebab keadaan belum normal akibat adanya pandemi Covid-19, dan butuh pengambilan langkah-langkah yang terbaik,” ujarnya.

Mubin juga menyarankan, pemerintah harus fokus pengembangan para pelaku UMKM, serta bidang kesehatan juga harus menjadi urgen untuk diperhatikan.

“Kalau ada pembagunan yang belum jalan, harus ada peninjauan kembali. DPRD juga meminta kepada pemerintah kota agar rasional dan fokus pada keputusan bersama Kemetrian Keuangan dan Kemendagri dalam penanagan Covid-19,” tutupnya. (Ris/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: