poskomalut.com
baner header

Hasil PCR Lambat, Ruang Isolasi Pasien Covid-19 di Malut Penuh

Kapolda : Alat PCR Segera Pengadaan

TERNATE-PM.com, Lokasi karantina pasien covid-19 yang disiapkan Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) mulai full. Kondisi ini disebabkan, lambatnya hasil pemeriksaan PCR diterima tim medis daerah.

“Pemeriksaan PCR masih dikirim ke Manado dan Makassar, untuk mempercepat pemeriksaan dan hasilnya juga cepat diketahui, maka harus dilakukan pengadaan alat pemeriksaan PCR,” jelas Kapolda Malut Irjen (Pol) Rikhwanto yang juga wakil ketua II Gustu COVID-19 Malut setelah memimpin rapat yang berlangsung di ball room Sahid Bela Hotel Ternate, Selasa (16/6).

Menurutnya, dalam rapat tersebut disepakati alat pemeriksaan PCR  dilakukan pengadaan sehingga pemeriksaan lebih cepat lagi. “Ini supaya mereka-mereka yang terjaring rapid test dikarentina bisa mengetahui hasilnya, sudah sembuh atau belum biar lebih cepat tau hasilnya,” akunya.

Selain itu, rapat itu dibahas juga karantina mandiri di rumah masing-masing jika hanya hasil rapid test reaktif, tidak perlu lagi dikarantina di tempat karantina yang disiapkan pemerintah, tapi ada syaratnya jika di rumah. “Tentunya kalau karenatina mandiri di rumah ada syaratnya yang harus diikuti,” katanya.

Lanjut jenderal bintang dua itu  karentina mandiri agar tidak merasa jenuh dan melakukan hal-hal yang diluar dari yang diinginkan. “Jangan sampai mereka tertekan karena dia dikarantina sehingga tidak bisa ketemu dengan siapa-siapa dalam arti pandangan mata yang membuat dia semakin stres,” tegasnya.

Dalam karantina mandiri ini, kata Kapolda Malut harus melibatkan pemerintah kelurahan, RT dan RW untuk mengontor mereka. (iel/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: