poskomalut.com
baner header

KPU Tidore Usulkan Rp 1,4 M untuk Kebutuhan APD

TIDORE-PM.com, KPU Kota Tidore Kepulauan (Tikep), mengusulkan tambahan anggaran untuk kebutuhan alat pelindung diri (APD) standar ke Pemkot Tikep senilai Rp 1,4 milliar. Permintaan tambahan anggaran ini untuk kepentingan pelaksanaan Pemilu serentak 9 Desember tahun  2020 di tengah wabah Covid-19.

“Kita usulkan kebutuhan APD di luar NPHD senilai  Rp 1,4 milliar kepada Pemkot Tidore,” ungkap Ketua KPU Kota Tidore Kepulauaan Abdullah Dahlan, kepada Posko Malut, Selasa (16/06).

Abdullah menjelaskan, dari anggaran Rp 1,4 milliar itu, membekali kurang lebih hampir empat ribu petugas lapangan, terdiri dari PPK delapan Kecamatan, PPS 89 kelurahan desa, 221 Petugas TPS karna ada penambahan 11 TPS  dan 222 Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang direkrut pada tanggal 24 Juni.

“Dari itu total anggaran yang dibutuhkan KPU totalnya Rp 18,9 milliar jika setujui Pemkot Tidore akan segera dilakukan adendum kebutuhan,’’ terang Abdullah.

Penggunaan APD oleh petugas, lanjutnya, hanyalah APD standar tidak seperti yang digunakan petugas medis. Sebagaimana diatur dalam PKPU tentang kebencanaan non alam yang mengatur setiap tahapan dilindungi/protap sesuai dengan protap kesehatan Covid-19.

“Sejak tanggal 15 Juni sudah mulai, dalam usulan ini juga pihak Pemerintah kota Tidore merespon baik dan tidak ada masalah,’’ ujar Abdullah.

Selain itu, dari hasil rapat kordinasi dengan seluruh pihak, terutama tim gugus Covid-19 Kota Tidore, banyak yang menyarankan agar dalam perekrutmen petugas PPDP harus dilihat dari usia dibawah 50 tahun. Hal ini dimaksud untuk menghindari terjadinya penularan, karena tugas PPDP melakukan contreng berkontak langsung dengan warga.

“Intinya kami tetap mengikuti berbagai macam masukan dimasa-masa yang sulit , dan KPU Tidore sudah sangat siap sebagaimana keputusan KPU Tidore sebagai implemtator dari regulasi sehingga KPU tetap Samina Waathona,’’ akhir Abdullah. (mdm/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: