poskomalut.com
baner header

Panwas Desa di Halbar Siap Awasi Tahapan Pencoklitan

TALIABU-PM.com, Ketua badan pengawas pemilu (Bawaslu), Kabupaten Pulau Taliabu, Adidas La Tea kepada posko malut, selasa (16/6) menjelaskan, tahapan awal pelaksanaan Pilkada yang akan dikerjakan Panwas Desa adalah mengawasi tahapan pencoklitan daftar pemilih oleh jajaran KPU.

“Tahapan yang pertama dimulai inikan persiapan pencocokan dan penelitian (Pencoklitan) daftar pemilih oleh KPU  nah disitulah jajaran ditingkat bawah atau Panwaslu Desa akan melakukan pengawasan. Pencoklitan data pemlih yang akan dilakukan KPU itu sendiri dimulai pada 15 juli sampai sekitar 14 dan 15 Agustus 2020, distulah ruang Panwaslu desa untuk melakukan pengawasan Pencoklitan yang dilakukan jajaran KPU,” jelasnya.

Katanya, dalam pencoklitan itu, jajaran Bawaslu akan melakukan pengawasan sekaligus melakukan indetifikasi data pemilih. “Hari ini kan kita menyurat ke KPU untuk meminta soft file daftar pemlih Pilkada yang akan nanti di Coklit, data itulah yang kemudian Bawaslu Kabupaten akan melakukan identifikasi,” ujarnya. 

Ada tiga hal yang akan dilakukan dalam identifikasi data pemilih setalah pencoklitan data kata Adidas, hal yang pertama dilakukan identifikasi itu adalah pemilih yang sudah meninggal, pemilih ganda dan soal alih status misalnya awal masyarakat biasa kemudian karena ada tes sehingga sudah lulus jadi TNI atau Polri. “Jadi tiga hal itu yang harus di indentifikasi sehingga tidak menimbulkan data pemilih yang ganda dan orang sudah meninggal juga masih masuk dalam daftar pemilih,” tandasnya.  (Cal/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: