poskomalut.com
baner header

Polda Maluku Utara Sikapi Aksi di PT NHM

TERNATE-PM.com, Aksi pemuda lingkar tambang PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) Gosowong dan Lembaga Pemuda Adat Pagu (LPA-Pagu), Kamis (18/6/2020), langsung ditanggapai Polda Maluku Utara (Malut), dengan menindaklanjuti maklumat Kapolri Jenderal Idham Azis, terakit penyebaran virus corona atau Covid-19.

Kabid Humas Polda Malut, AKBP Adip Rojikan, mengatakan, maklumat Kapolri masyarakat dilarang berkerumunan. Ketika masyarakat melakukan aksi unjuk rasa Polda Malut tidak mengizinkan atau tidak memberi kelangsungan kepada mereka.

“Ketika mereka melakukan aksi, kami langsung mengamankan aksi jangan sampai konflik dalam aksi,” kata Adip, saat temui di ruang kerjanya, Kamis (18/6/2020).

Adip, menunturkan, tugas polisi hanya mengamankan agar tidak ada masalah yang lebih serius terhadap masa aksi. Polda mengimbau masyarakat untuk menyampaikan pendapat tetap mengikuti aturan yang ada sebagaimana situasi pendemi virus corona saat ini.

“Kami masih terikat dengan maklumat kapolri, kami melaksanakan harus sesuaikan dengan isi maklumat kapolri,” pungkasnya.

Sedangkan salah satu warga yang enggan disebut namanya mengatakan, dalam situasi pandemi virus corona atau Covid-19 ini terlihat beberapa pemuda lingkar tambang berancang-ancang menyuarakan aspirasi mereka dengan isu struktur PT NHM.

“Dalam waktu dekat ini akan ada gerakan unjuk rasa dengan masa kapasitas 1,000 orang. Hal ini sangat menantang protokol kesehatan,” akunya.

Ia menyebut beberapa hal yang tercantum dalam point-point protokol, salah satunya dilarang berkerumunan dan dilarang berkumpul untuk siapa saja dalam masa darurat ini. Hal yang sama juga tidak lari dari maklumat kapolri dalam situasi pandemi ini. (sam/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: