poskomalut.com
baner header

Rp 45 M Anggaran Pilkada di Halut Aman

TOBELO-PM.com, Meskipun saat ini daerah lagi diperhadapakan dengan pandemic Covid-19, tetapi Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Halmahera Utara (Halut) memastikan anggaran Pilkada senilai Rp 45 miliar masih dalam posisi aman.

“Meski ada tambahan anggaran Pilkada kita masih tetap aman,” ungkap Kepala BKAD Halut Mahmud Lasidji, Rabu (17/06).

Menurutnya, selain kebutuhan Pilkada, Pemda juga masih bisa menyesuaikan kebutuhan penanganan Covid-19 di Kabupaten Halut, begitu juga tahapan Pilkada pada 9 Desember 2020 tentu penanganannya membutuhkan anggaran yang luar biasa besar. 

“Anggaran Penanganan Covid-19 juga harus menguras sejumlah anggaran. Item lain bahkan harus di geser ke Dana Covid-19 meski telah tersususn rapi  di APBD. Meski begitu,  dana Pilkada Halut yang di Ploting sebesar Rp. 45 Miliar masih dalam posisi aman. Sementara dibahas Pemda DPR, dan KPU serta Bahawaslu untuk penambahan anggaran karena Pilkada kali ini menggunakan protokol kesehatan,” sebutnya.

Anggaran untuk Pilkada 2020, lanjutnya, lebih besar kenaikannya sekitar 50 persen jika dibandingkan dengan anggaran Pilkada pada tahun 2015 hanya Rp30 miliar. Akan tetapi, Ditengah pendemi COVID-19 Pemda Halut tentu siap dengan anggaran tersebut. Hal ini menyangkut dengan agenda nasional yang sudah di sepakati oleh pemerintah pusat.

Ia menambahkan, dari total anggaran Rp. 45 miliar, terbagi di beberapa instansi antara lain KPU sebesar Rp27,8 miliar, dan Rp10,2 miliar untuk Bawaslu, Kepolisian untuk biaya keamanan Rp5,5 miliar dan Lain-lain seperti Kesbangpol, Satpol, dan TNI, Rp1,5 miliar.

“Semua anggaran Pilkada terbagi di beberapa instansi yang melaksanakan Pilkada tahun ini,” akhirinya. (mar/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: