poskomalut.com
baner header

Hasil Temuan Herbal Stikmah Tobelo Berpotensi Hambat Covid-19

TOBELO-PM.com, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan dan Akademi Kebidanan Makariwo Halmahera (Stikmah) Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara berhasil berinovasi membuat herbal senyawa aktif dari buah khas Halmahera. Buah tersebut rupanya berpotensi menghambat pertumbuhan virus SARS-coV-2.

Ketua Stikmah Tobelo dr. Arend L. Mapanawang, mengatakan, senyawa aktif dari buah khas Halmahera, berupa buah Golobe, daun pangi dan bintang laut merah, berpotensi menghambat pertumbuhan virus SARS-coV-2. Bahkan hasil inovasi Stikmah tersebut, masuk penelitian consorsium riset dan inovasi untuk percepatan penanganan Covid 19 secara nasional dari Pemerintah pusat.

“Senyawa aktif dari buah khas Halmahera, berupa buah Golobe, daun pangi dan bintang laut merah, berpotensi menghambat pertumbuhan virus SARS-coV-2,” Ujar Arend.

Lanjut ia, Stikmah Tobelo sudah berinovasi di level tinggi meski perguruan tinggi swasta yang masih akreditasi C, namun seperti Kampus akreditasi A. Hal ini, dilihat dari 5500 usulan inovasi Stikmah Tobelo diterimah oleh Konsersium riset dan inovasi Pemerintah pusat untuk mempercayakan Stikmah Tobelo masuk dalam tahap uji laboratorium untuk tiga herbal Golobe, daun pangi, dan bintang laut merah.

“Stikmah berinovasi ke level tinggi dengan Kampus akreditasi C rasa kampus akreditasi A. 55 inovasi yan diterima dari 5500 usulan adalah suatu mukjijat dari Tuhan ke Stikmah Tobelo, dengan Herbalove membantu pemerintah pusat dalam percepatan penanganan Covid19. President juga memberikan hadiah kepada kami dari Stikmah Tobelo Halmahera untuk Ulang tahun President 21 Juni 2020,” akhiriny. (mar/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: