poskomalut.com
baner header

Menkumham Malut Bantah Tahanan Lapas Tobelo Positif Covid-19

TERNATE-PM.com, Kantor wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Maluku Utara membantah tidak ada satu tahanan di Lembaga Pemasrakatan (Lapas) Kelas IIB Tobelo Kabupaten Halmahera Utara (Halut) yang terkonfirmasi positif covid-19.

Dalam rilis yang disampaikan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Halmahera Utara setidaknya ada tambahan 5 orang yang terkonfirmasi positif covid-19, berdasarkan hasil pemeriksaan swab oleh BBLK Makassar yang disampaikan lewat Dinkes Provinsi Malut.

Dari kelima orang tersebut masing-masing berinisial JD berumur 29 tahun berjenis kelamin laki-laki berasal dari Kecamatan Tobelo Utara. Selanjutnya, HK berumur 50 tahun berjenis kelamin laki-laki merupakan tahanan di Lapas Kelas IIB Tobelo, dan tiga lainnya adalah karyawan NHM berinisial DJ berumur 49 tahun berjenis kelamin laki-laki, AF berumur 51 tahun berjenis kelamin laki-laki dan SR berumur 51 tahun berjenis kelamin laki-laki.

Kepala Devisi (Kadiv) Pemasyarakatan Kanwil Provinsi Malut, Muji Raharjo mengatakan berdasarkan informasi yang sudah diterima bahwa ada sala satu tahanan Lapas Kelas IIB Tobelo yang dinyatakan positif covid-19 itu tidak benar.

Dimana kata Muji, pihaknya sudah konfirmasi ke Lapas Tobelo bahwa itu tidak benar titipan tahanan yang ada di Lapas Kelas IIB Tobelo yang positif covid-19 dan hingga sekarang yang bersangkutan tidak ada di Lapas Tobelo karena sedang melaksankan penahanan rumah atau perintah yang menahan.

Jadi sampai hari ini tidak ada tahanan dan Napi Lapas Tobelo yang terkonfirmasi positif covid-19 berdasarkan pernyataan yang telah disampaikan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Halut. “Kami mohon dikoreksi dan klarifikasi beritanya karena untuk sumber beritanya salah,” ujar Kadif Kanwil Malut kepada waratwan via pesan whatsaap, Sabtu (20/6).

Bahkan Muji menyebut, pernyataan yang disampaikan di atas betul disampaikan langsung dari Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Halmahera Utara berdasarkan kosolidasi dari Kalapas Tobelo tidak ada satu tahanan yang terkonfirmasi positif covid-19.

Muji juga berharap Napi dan Tahanan dan seluruh masyarakat di Provinsi Maluku Utara agar tidak ada yang kena lagi covid-19 seraya Muji sebut.”Semoga Allah segera mengangkat atau menghilangkan penyakit ini,” pungkasnya.(nox/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: