poskomalut.com
baner header

Pastikan DTKS Tepat Sasaran, Komisi I Kuker ke Kantor Camat Ternate Selatan

TERNATE- PM.com, Komisi I DPRD Kota Ternate kembali melakukan Kunjungan kerja di Kantor Camat Kota Ternate Selatan, untuk mengetahui pemutakhiran data dalam hal ini, validasi dan verifikasi kembali mengenai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kota Ternate. Karena DTKS menjadi acuan dasar dalam penerimaan bantuan sosial.

Anggota komisi I DPRD Kota Ternate Yamin Rusli mengatakan, pihaknya memastikan masyarakat Kota Ternate yang menerima bantuan sosial itu sudah tepat sasaran atau tidak.

“Karena ketika komisi I berkunjung di beberapa kelurahan ada keluhan-keluhan dari Lurah terkait dengan data DTKS yang kurang tepat sasaran, makanya kita mencoba mencari solusi terbaik seperti apa, sehingga setelah covid ini kita menghasilkan sebuah data yang betul-betul berkualitas,” ujarnya.

Kata Yamin, data DTKS itu setiap 3 bulan harus ada penetapan karena, kemiskinan itu bersifat dinamis, mau tak mau data itu harus update setiap saat, misalnya orang meninggal, perpindahan penduduk dan lain-lain.

Untuk itu harus ada koordinasi dengan dinas sosial, Kelurahan (perangkat Rt/Rw) dan pendamping masing-masing program. “Jadi diantara Dinsos, Kelurahan dan pendamping ini tidak boleh ada ego,” tutur Yamin pada poskomalut.com, Senin (22/6/20) usai melakukan kuker bersama Camat dan Lurah-lurah yang ada di Kec. Kota Ternate Selatan.

Fokus DPRD kedepan adalah mencari solusi terbaik sehingga sinergitas terjaga, dan mendapatkan data yang akurat serta tepat sasaran. “Tujuannya bukan dalam rangka kita saling menyalahkan tapi mencari solusi kedepan terkait pendataan DTKS kedepan itu seperti apa, karena ini harus ada sinergitas,” ungkapnya.

Untuk di Kota Ternate yang menerima DTKS itu 28.745 KK, yakni Program Keluarga Harapan (PKH) BPNT dan Bantuan sosial tunai. Sementara untuk penerima PKH 2.356 kk, sedangkan penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPMT) sebanyak 3.898 kk, dan penerima bantuan sosial tunai (BST) sebanyak 3.270 kk. “Yang telah terima BST 2.611 Kpm dan sisa kuota yang harus dipenuhi adalah 679 kk yang belum menerima bantuan,” ungkapnya. (Ris/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: