poskomalut.com
baner header

Ini Hasil Kuker Pemprov Malut ke Pemkot Ternate

TERNATE-PM.com, Belum tersedianya polymerase chain reaction (PCR) menjadi salah satu penyebab lambannya penanganan Covid-19 Maluku Utara (Malut). Padahal, anggaran ratusan miliar dialokasikan khusus menangani masalah tersebut.

Hal itu membuat Wakil Gubernur Provinsi Malut, Al Yasin Ali, mempertanyakan alokasi tersebut hingga saat ini belum digunakan untuk pengadaan PCR.”Dengan alokasi sangat besar yakni sebanyak Rp 148 Miliar, mestinya untuk penanganan Covid-19 itu cukup. Harga alat PCR kan hanya Rp 2 hingga Rp 3 miliar saja kong tara bisa beli tuh, begitulah semua tergantung penguasa di atas, karena kalo saya yang perintah tara mungkin dong dengar,” kata Yasin usai monitoring dan evaluasi penanganan Covid-19 dengan Wali kota Ternate Burhan Abdurrahman dan jajarannya di Eksekutif room lantai 3, Selasa (23/6/2020), pagi tadi.

Yasin bilang, Malut merupakan lima daerah yang hingga saat ini belum memiliki PCR. Alat itu penting diadakan untuk penegakan diagnose pasien. Artinya mempercepat penanganan Covid-19.

Sementara terkait dengan  anggaran yang sudah menipis untuk penanganan covid-19 di kabupaten kota saat ini, Wagub menjawab semua tergantung pada pimpinan.”Semua anggaran itu tergantung juragan, kalau juragan bilang masih ada, apa salahnya tong bantu kabupaten/kota lain yang membutuhkan,” katanya.

Selain itu, ketika ditanya terkait dengan sejumlah pasien yang melalukan aksi di lokasi karantina, Wagub menyampaikan hal ini dikarenakan hasil Swab yang lama dimana hasil spesimen harus di kirim dulu ke Manado dan Makasar dengan durasi waktu satu minggu baru bisa diperoleh hasil testnya. “Jika kita punya alat tersebut artinya satu atau dua hari kita sudah mendapatkan hasil test Swab test, tara harus kirim dulu ke Manado atau Makasar lagi,” pungkasnya

Untuk Kuker, dijadwalkan sejak hari ini hingga besok Rabu 24 Juni 2020 kemudian lanjut ke kabupaten/kota lainnya. (sam/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: