poskomalut.com
baner header

Oknum PNS Disinyalir jadi “Agen Rahasia” Nelayan Asal Bitung

WEDA-PM.com, Salah satu oknum pegawai negeri sipil (PNS) di kantor camat Patani, disinyalir bekerjasama dengan perusahan ikan asal Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Oknum PNS tersebut, bertugas melaporkan ke kapal-kapal tangkap asal Bitung, apabila ada kapal pengawasan perikanan melakukan patroli di laut Halmahera Tengah (Halteng).

Akibat dari kerjama sama ini, kapal-kapal Nelayan asal kota cakalang yang mencuri ikan di perairan Patani sulit lacak dan ditangkap. Meski pun kapal patroli yang dikirim Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) gencar melakukan patroli di perairan wilayah Patani dan Gebe.  

Salah satu Nelayan asal Patani mengatakan, kapal nelayan asal bitung yang mencuri ikan di wilayah patani itu sulit ditemukan lantaran ada oknum yang bekerja sama dengan mereka. Oknum tersebut kata Nelayan, bertugas melaporkan jika ada kapal pengawasan melakukan patroli.

“Ada seorang oknum PNS kantor camat yang bekerjasama dengan pihak perusahaan bitung. Kerja oknum itu melapor ke kapal-kapal bitung untuk segera menghindar karena ada kapal patroli,”kata nelayan tersebut kepada wartawan, Senin (22/6).

Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Halteng, Mufti Abd. Muhrun menyatakan,  pihaknya masih melakukan infestigasi izin tangkap kapal-kapal Bitung itu. “Saat ini kita masih akan mencaritahu izin tangkap kapal nelayan asal bitung itu,”ujarnya.

Sementara, terkait dengan dugaan ada oknum PNS yang bekerjasama dengan perusahaan ikan Bitung. Kadis mengaku, masih mencaritahu. “Dugaan keterlibatan oknum itu akan kami selidiki,”ungkapnya. Untuk itu dia, mengimbau seluruh nelayan ikut mengawasi pencurian ikan di perairan Halteng. Kepala Pengawasan Perikanan Wilayah Maluku dan Papua, Harlin belum berhasil dikonfirmasi. (msj/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: