poskomalut.com
baner header

Dampak Covid-19, PAD Kota Ternate Terjun Bebas

TERNATE-PM.com, Dampak covid-19 berpengaruh pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Ternate, yang hingga saat ini belum mencapai 80 persen dari target. Pasalnya, seluruh aktifitas di kota Ternate alami penurunan yang sangat signifikan di tiga bulan terakhir ini.

Penurunan ini bukan hanya terjadi di kota Ternate melainkan di seluruh Indonesia, yang tengah menghadapi covid-19.

Sekretaris daerah kota Ternate Jusuf Sunya kepada sejumlah wartawan, Rabu (24/6) di Aula kantor walikota Ternate mengatakan, akibat dari covid-19 saat ini PAD alami penurunan alias jongkok, hal ini dikarenakan berkurangnya Aktifitas diberbagai lokasi penarikan retribusi maupun pajak.

Diantaranya pada penerimaan jenis pajak hotel, restoran, tempat hiburan, dan sektor retribusi Parkiran.

Lanjut Jusuf, hal yang sama juga terjadi pada pengusaha Maluku Utara (Malut), padahal para pengusaha itu juga menjadi potensi yang diharapkan dapat menjawab pendapatan pemerintah, namun hingga saat ini belum maksimal.

“Masyarakat juga aktifitasnya belum terlalu lancar, dilihat dari ekonomi juga belum mendapatkan peningkatan yang signifikan jadi perlu waktu untuk pemulihan PAD ini,”ungkapnya usai rapat pembahasan penekanan inflasi kota Ternate.

Ia berharap, covid-19 bisa cepat berlalu dan Aktifitas bisa berlangsung sebagaimana mestinya, agar PAD bisa pulih kembali. “Soal tekhnis jumlah Pendapatan nanti tanyakan ke Dinas pendapatan,”singkatnya.(mg10/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: