poskomalut.com
baner header

Hujan Deras Sejak Malam Kota Bobong Taliabu Tergenang Air

TALIABU-PM.com, Guyuran hujan deras sejak pukul 2.00 Wit dini hari tadi malam hingga siang ini, Rabu (24/6/2020) mengakibatkan sejumlah pemukiman warga, perkantoran dan sekolah-sekoalah di Ibu Kota Bobong, Kabupaten Pulau Taliabu tergenang air.

Amatan media posko malut, Rabu (24/6/2020) siang ini, terdapat beberapa lokasi yang sangat parah tergenang air yaitu, pemukiman warga yang berada di kompleks PLN Ranting Bobong, Masjid Dusun Salenga, Mangga Dua, Pasar Malam, Kompleks Dinas Kesehatan, dan di tempat hiburan malam di jalan menuju desa Talo.

Perkantoran dan lembaga penididikan yang ikut terendam air hujan, adalah dinas Transmigrasi, Unit Layanan Pengadaan (ULP), Kantor DPRD, KPU kemudian, SMA Negeri 1 Talbar, SMK Negeri 1 Talbar, Mts Negeri. Hal ini perlu perhatian penuh dari Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu.

Banjir di Dusun Salengan, Desa Bobong

Kepala bidang SDA Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Kabupaten Pulau Taliabu, Amin Ata Sahafi kepada awak media menjelaskan, genangan air saat ini disebabkan karena air membawa material pasir dari gunung merah, sehingga terjadi penyumbatan pada drainase.

“Perlu kami sampaikan juga bahwa masalah banjir di bobong saat ini adalah air membawa pasir dari gunug merah, sehingga ada peyumbatan di drainase jadi ketika rainase sudah penuh maka air meluap,”jelasnya.

Kata dia, upaya Dinas PUPR Pulau Taliabu saat ini adalah melakukan normalisasi saluran air agar air bisa mengalir dengan normal, sehingga tidak terjadi luapan air di tempat-tempat umum maupun pada pemukiman warga. “Yang kami lakukan adalah lagkah memanimalisir yakni mengeruk matrial pasir dan membuat palang di gunung merah agar material pasir tidak lagi penuh di drainase saat ini,”cetusnya. (Cal/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: