poskomalut.com
baner header

Tim Gugus Taliabu Cegat 19 Karyawan Cengkih

TALIABU-PM.com, Para penumpang kapal asal luar daerah yang tiba di Kabupaten Pulau Taliabu, mulai diwajibkan mengantongi hasil rapid test maupun surat keterangan sehat dari daerah asalnya. Jika tidak, terancam ditahan dan berpotensi dikembalikan ke daerah asalnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu, Kuraisia Marsaoly, mengatakan, setiap penumpang luar daerah yang masuk di Taliabu harus mengantongi hasil rapid test dan surat keterangan sehat dari daerah asalnya masing-masing. Jika tidak, ia mengancam akan menahan orang-orang tersebut dan tidak akan diteruskan ke tujuannya. “Sekarang ini setiap penumpang luar daerah yang mau ke Taliabu harus ada bawa hasil rapid test, dan surat keterangan sehat dari daerah asal. Jika tidak katong tolak. Hal ini juga terjadi bagi penumpang asal Taliabu yang mau ke luar daerah, kita rapid test dulu baru bisa keluar karena di sana nanti mereka diminta juga,”katanya, kepada wartawan, Senin (22/6).

Meski demikian, masih banyak orang-orang yang tidak mengindahkan aturan tersebut sehingga ditemukan sejumlah oknum yang bertujuan menjadi karyawan cengkih di Kecamatan Lede tanpa mengantongi rapid test sehingga ditahan untuk dikarantina. “Ada 19 orang yang mau jadi karyawan di Lede, mereka tidak punya hasil rapid dari daerah asal, sehingga terpaksa kita tahan,”jelasnya.

Ia mengimbau kepada penumpang kapal dari luar daerah Taliabu agar tertib membawa hasil rapid maupun surat keterangan sehat dari daerah asal. Hal ini untuk memutus dan mencegah masuknya wabah virus corona di Taliabu.

Terpisah, juru bicara gustu 19 Kabupaten Pulau Taliabu,  Aema Larakaba mengatakan, saat ini tim gustu telah melakukan rapid test lebih kurang 969 orang dari rapid tes yang digunakan 1.927. “Rapid test yang digunakan 1.927 orang dan yang dirapid test baru sekitar 969 karena setiap orang yang dirapid itu menggunakan dua rapid test. Hingga saat ini kasus positif corona di Pulau Taliabu masih tetap nol kasus dan dari 969 warga yang dirapid belum ada yang reaktif,”jelasnya. (Cal/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: