poskomalut.com
baner header

Tujuh Kasus di Morotai Disidang Sejak Pandemi Covid-19

MOROTAI-PM.com, Sejak Maret hingga kini, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Pulau Morotai menyidangkan 7 kasus yang ditangani lembaga tersebut. Kasus yang disidangkan itu diantaranya kasus pencurian, penganiayaan dan pencabulan. Hanya saja, sidang tersebut tidak dilakukan di Pengadilan Negeri (PN) Tobelo, melainkan melalui Video Converence (Vidcon), baik dengan menghadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU), hakim, para saksi dan terdakwa.

“Sejak Maret kita sudah sidang menggunakan vidcom. Kita kan masih sidang di Halut, Jadi sidang itu Hakim di ruang sidang, jaksa di kantor JPU, saksi di Morotai dan terdakwa di lapas,” kata Dasim Billo kemarin (23/6). 

Alasan utama dilakukan sidang melalui Vicon tersebut karena terkait pandemi Covid 19 yang lagi mewabah hingga kini.”Jadi Covid ini kita tidak bisa menyebrang, jadi hanya bisa sidang lewat video.”Hanya saja, lanjut dia, Vidcon memudahkan agenda persidangan. Namun, salah satu kendala adalah soal jaringan. Sebab, tak selamanya jaringan berjalan dengan mulus.

“Apalagi kita di Morotai ini kan jaringan sering kurang bagus. Makanya kita hanya bisa berharap agar Covid ini segera berakhir, sehingga para terdakwa ini bisa di sidang untuk mendapat kepastian hukum,” pungkasnya. (Ota/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: