poskomalut.com
baner header

Laporkan Akun Palsu Jika Merugikan

TIDORE-PM.com, Maraknya penggunanaan akun fake/palsu pada momen pemilu saat ini bagaikan jamur di musim hujan, dan sudah menjadi hal biasa yang bukan hanya terjadi di Kota  Tidore. Bahkan, pada pilpres lalu akun palsu merajalela. Dari pengalaman yang terjadi pihak kepolisian punya kesulitan dalam mengungkap  akun palsu yang ada pemiliknya.

Dosen Universitas Nuku Kota Tidore, Muhammad Julham, kepada Posko Malut, saat ditemui kemarin mengatakan dirinya juga mendapat serangan dari  akun fake yang ada pemiliknya. “Bahkan, saya sudah melapor ke kepolisian di Tidore namun dilihat dari penjelasannya mereka agak kesulitan dalam membongkar akun yang menggunakan anonim lain begini. Bisa dibongkar akan tetapi membutuhkan waktu,’’ kata Julham.

Menurut Zulham, menangkap pemilik akun palsu  merupakan hal yang sangat kontradiksi. Sulit juga bagi penegak hukum dalam menyelesaikan akun palsu yang menyajikan ujaran kebencian. Sebagai orang yang pernah dibuli sadar benar kondisi saat ini berada pada posisi menengah menjadi resiko dikritik  pada era keterbukaan informasi. Penyampaian pendapat sah-sah saja sebagaimana diatur dalam ketentuan perundang-undangan, terutama soal penggunaan transaksi IT. Namun, apa yang dilakukan akun palsu tidak bermain fair. ’’Tidak masalah adanya akun palsu yang penting instrument dipakai harus fair dan tidak menyampaikan ujaran kebencian terutama menyerang pribadi orang,’’ ujar Julham.

Untuk itu dirinya mengajak seluruh pihak yang merasa dirugikan atas sajian akun fake di media sosial facebook untuk bisa melaporkannya ke polisi. Kepolisian juga diminta dalam pemberantasan akun fake di medsos jangan tebang pilih.(mdm/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: