poskomalut.com
baner header

Pemda Morotai Diminta Hentikan Karantina

MOROTAI-PM.com, Pemerintah Daerah (Pemda) Pulau Morotai dan tim Satgas Covid 19 Morotai, diminta segera menghentikan karantina kesehatan terhadap warga yang masuk ke Morotai. Pasalnya, karantina kesehatan yang dilakukan saat ini sangat tidak efektif dan hanya menghamburkan uang negara.

“Melalui bidang advokasi dan perlindungan hukum PB-HIPPMAMORO Malut, setelah mengidentifikasi dan mengkaji, terdapat kecerobohan yang dilakukan oleh Satgas Covid-19 Pulau Morotai, karena menurut kami kebijakan karantina di Pulau Morotai hanya bagian dari pemborosan anggaran,”tegas Kabid Advokasi PB Hippamoro M Taufan Baba, kepada media ini, Rabu (24/06/2020).

Padahal, menurut dia, dalam konsep kekarantinaan kesehatan adalah upaya pemerintah untuk mencegah penyebaran penyakit yang berpotensi menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarakat, sepetri pada penjabaran UU No 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

“Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Pulau Morotai, Bupati Pulau Morotai dengan kebijakannya mengarantinakan orang-orang yang masuk di wilayah Morotai. Akan tetapi dalam proses kekarantinaan di Morotai tidak menjamin kesehatan masyarakat. Artinya, tidak mampu memberi kepastian bahwa yang dikarantina sudah benar-benar tidak terdampak. Lalu apa manfaatnya. Sementara dalam Undang-undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan pada pasal 2 huruf b, memberi penegasan bahwa rantinan kesehatan berasaskan manfaatnya,”terangnya.

Di Morotai yang positif 14 orang. Persoalannya ada yang dikarantina dan sudah pulang baru dilakabarkan  positif. Artinya, selama proses karantina tidak memastikan yang bersangkutan benar-benar tidak tersampak covid 19. “Lalu untuk apa ada karantina kalau hasilnya juga sama. Lebih baik karantina mandiri,”cetus Taufan.

Sementara proses karantina di Maluku Utara hanya di Morotai. Sedangkan kabupaten lain tidak menggunakan sistem tersebut dan hanya menerapkan metode jaga jarak dan memakai masker. “Anggarannya sangat besar dan beberapa minggu lalu ada pernyataan dari pejabat Pemda Morotai sudah Rp 20 miliar dihabiskan untuk penanganan covid. “Olehnya itu sekali lagi kami minta Pemda Morotai hentikan kekarantinaan kesehatan dimaksud, “tegasnya.(Ota/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: