poskomalut.com
baner header

PUPR Malut Percepat Pembangunan Jembatan Akekolano Sofifi

SOFIFI-PM.com, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Maluku Utara (Malut) akan mempercepat pembangunan infrastruktur di Sofifi, salah satunya akses jalan jembatan Akekolano tahap II pembangunan lanjutan yang ditargetkan dua bulan lagi tunas. 

Kadis PUPR Malut Santrani Abusama melalui Kepala Bidang Jasa Konstruksi Risman Iriyanto Djafar menyampaikan, pembangunan jembatan Akekolano tahap dua yang bersumber dari Dana Alokasi Umum  (DAU) nilai kontrak  sebesar Rp. 5 miliar lebih. 

Menurut dia, progres pekerjaan sampai tanggal 14 Juni  kemarin sudah pengecoran basement jembatan. “Jadi seluruh tahapan sampai pengecoran basement jembatan progresnya sudah 37 ,5 persen,” jelasnya.  

Sedangkan,  jadwal kontrak  pelaksanaan  pekerjaan jembatan Akekolano Sofifi 6 bulan.  Dimana tanggal kontraknya berakhir  di bulan oktober. “Tapi insya allah kita targetkan 2 bulan sudah selesai, dengan asumsi hak dari penyedia berkaitan dengan prestasi pekerjaan juga  sesuai dengan target,” terangnya. 

Diakui, memang seringkali terlambat karena disaat penyedia meminta dibayarkan prestasinya sering terlambat pencairan sehingga hal itu juga bisa memengaruhi keterlambatan pekerjaan fisik. Dijelaskan Risman, jembatan Akekolano pembangunan dua lajur karena itu  tahap satu pembangunan jembatan sebelah  sudah ada, tahap dua  pembangunan disebelahnya lagi. “Jadi tahap dua kita targetkan sampai tuntas, dua jalur untuk arah sofifi akekolano itu terlayani,” akunya. 

Lebih jauh dikatakan, dengan anggaran  seperti itu ditargetkan dua bulan pelaksanaan pelat lantai sama gelagar betonnya bisa tuntas. Dengan waktu dua bulan paling tidak masa pengeringan beton karena harus menunggu sekitar 28 hari. “Maka tahapan selanjutnya setelah basement kalau kita menunggu 28 hari  selanjutnya  tinggal pelat lantai jembatan. (iel/adv/wat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: