poskomalut.com
baner header

Tingkatkan SDM Masyarakat, PKH Kota Ternate Lanjutkan Agenda Rutin

TERNATE-PM.com, Program Keluarga Harapan (PKH) Kota Ternate dari bulan ini sampai beberapa bulan kedepan sudah mulai melakukan Pertemuan bulanan dengan KPM (Keluarga Penerima Manfaat) PKH yang merupakan agenda rutin untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Menurut Koordinator PKH kota Ternate Fitria Rindengan, Jumat(26/6), kegiatan bulanan tersebut adalah P2K2 (Pertemuan Peningkatan Kapasitas Keluarga) atau disebut juga FDS (Familly Development Session).

Dimana dalam kegiatan bulanan tersebut, lanjut dia, Pendamping PKH akan memberikan materi – materi berupa Pengelolaan Keuangan Keluarga, Pola Pengasuhan Anak dan materi lainnya yang diharapkan dapat diterapkan oleh KPM pada keluarganya masing-masing.

Fitria menuturkan, tujuan PKH adalah untuk merubah perilaku dan pola pikir masyarakat miskin, sehingga dapat memberdayakan sumber dayanya sendiri menuju peningkatan ekonomi dan kehidupan yang layak. “Pemberian bantuan berupa uang ke KPM hanyalah stimulan selain untuk meringankan beban kebutuhan sehari-hari, biaya pada layanan kesehatan dan pendidikan” Kata dia.

Selain itu tujuan PKH adalah memutuskan mata rantai kemiskinan dengan cara membuka kesadaran KPM akan pentingnya kesehatan dan pendidikan, sehingga semua KPM PKH wajib untuk menggunakan layanan pendidikan dan kesehatan yang disediakan oleh Pemerintah Pusat dan Daerah.

Ia mengaku, pada masa pandemi ini, pertemuan P2K2 baru bisa dilaksanakan bulan Juni 2020 ini dan harapannya hingga kedepan. Karena sempat tidak bisa dilaksanakan pada Desember 2019 hingga bulan Mei 2020 kemarin. “Tetapi saya tetap mengarahkan Pendamping PKH untuk tetap mengikuti SOP Covid-19 saat melakukan P2K2,”terangnya.

Saat ini total KPM PKH sebanyak 2356 KK, tambah dia, yang juga harus diingat agar masyarakat tidak gagal paham adalah ketika menjadi KPM PKH, mereka berhak untuk mendapatkan bantuan lainnya seperti KIP, KIS, Kube, Rutilahu dan bantuan lainnya agar KPM dapat segera keluar dari garis kemiskinan.

“Ini banyak sekali menjadi pertanyaan kenapa ada yang sudah menerima PKH masih juga menerima bantuan lain, makanya perlu saya jelaskan bahwa dalam PKH ada program komplementaritas yakni ketika menjadi KPM PKH mereka harus di berikan bantuan lain juga, dengan begitu KPM PKH akan lebih cepat sejahtera,” tutupnya. (Mg10/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: