poskomalut.com
baner header

Wali Kota dan Masyarakat Ternate Tandatangan Dukung Sultan Baabullah Sebagai Pahlawan Nasional

TERNATE-PM.com, Wali Kota Ternate Hi Burhan Abdurrahman bersama sejumlah Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) dan ribuan masyarakat Kota Ternate, Minggu (28/6/2020) pagi tadi mendeklarasikan dalam bentuk penandatangan secara bersama mendukung Sultan Baabullah, sebagai pahlawan Nasional yang berlangsung di depan lapangan ngara lamo Kelurahan Salero Kecamatan Ternate Utara Kota Ternate.

Wali Kota Ternate Hi Burhan Abdurrahman kepada sejumlah wartawan mengatakan, sampai saat ini Pemkot Ternate dan masyarakat sedang mengusulkan Sultan Baabullah sebagai pahlawan Nasional. Karena dalam waktu singkat ini akan dilakukan pengkajian draf pengusulan Sultan Baabullah oleh tim di tingkat Pemerintah Pusat.

“Jadi hari ini, kita menggalang dukungan secara moril ke seluruh warga Kota Ternate bahkan yang tergabung dalam KNPI Kota Ternate dan OKP Cipayung, melakukan dorongan kepada tim lewat penandatanganan dukungan agar Sultan Baabullah dapat ditetapkan sebagai pahlawan Nasional,”kata Wali Kota.

Menurutnya, pihaknya mendorong Sultan Baabullah sebagai pahlawan Nasional karena banyak sejumlah referensi yang jadi syarat, namun semua itu sudah disampaikan, baik dari pihaknya ke pihak Pemprov Malut maupun tim TP2GD yang didalam tergabung sejumlah pakar-pakar sejarah.

“Dalam waktu singkat ini dewan gelar pahlawan Nasional akan melakukan sidang penetapan. Sehingga hari ini kita menggelar dukungan masyarakat, dan saya sangat harap kiranya Sultan Baabullah bisa ditetapkan sebagai pahlawan Nasional,”pungkasnya.

Disisi lain Kadinsos Ternate Burhanuddin Abdul Kadir kepada Poskomalut.com mengaku, agenda ini adalah spontanitas dari masyarakat Kota Ternate terkait dengan mendorong Sultan Baabullah sebagai pahlawan Nasional.

“Diharapkan Pemerintah Pusat bisa merespon dukungan dan aspirasi dari masyarakat yang menginginkan lahirnya pahlawan Nasional dari Ternate,”pintanya.(sam/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: