poskomalut.com
baner header

Gustu Taliabu Apresiasi Perhatian WHO dan Menkes RI

Sutomo: Bakal Dijelaskan Teknis Penanganan Covid-19

TALIABU-PM.com, Tim gugus tugas percepatan penanganan dan pencegahan corona virus disiase (Covid-19) Kabupaten Pulau Taliabu, mengapresiasi perhatian organisasi kesehatan dunia (WHO) dan Kementrian Kesehatan RI, terhadap penanganan penyebaran covid-19 di wilayah itu.

Menanggapi pernyataan yang disampaikan Kepala Bidang Pecegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2M) Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara, dr. Rosita Alkatiri, yang akan meninjau langsung kondisi Taliabu dimana masih dinyatakan zona hijau, Sekretaris harian tim gustu percepatan penanganan penyebaran Covid-19 Kabupaten Pulau Taliabu, Sutomo Teapon, kepada awak media mengatakan, tim Gustu Pulau Taliabu siap menjelaskan teknis penangan pencegahan penyebaran covid-19. “Tim gugus Taliabu berterimakasih kepada WHO, Kemenkes RI dan Dinkes Malut karena mau memantau langsung tim Gugus Taliabu. “Kami tim Gustu Taliabu sudah kerja semaksimal mungkin untuk pencegahan di Kabupaten Pulau Taliabu,”ungakanya.

Tujuannya datang di Taliabu untuk melihat secara langsung kinerja gustu, kata Sutomo.  Gustu Taliabu siap menjemput dan memberikan penjelasan tentang penanganan yang sudah dilaksanakan dan dilaporkan ke gustu provinsi. “Untuk data yang diisi gustu provinsi itu benar adanya. Artinya laporan kami juga disampaikan,”ujarnya.

Seperti dirilis dalam sejumlah laman berita online, status Kabupaten Pulau Taliabu yang masih berada di zona aman atau berada di nol kasus dari laporan covid 19 mendapat perhatian dari WHO. Atas dasar WHO mengoordinasikan dinas kesehatan (dinkes) provinsi untuk mengunjungi wilayah tersebut dan melakukan rapid test massal kepada masyarakat Pulau Taliabu, demi memastikan keadaan yang sebenarnya.

Atas pernyataan tersebut, Sutomo, yang juga menjabat Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pulau Taliabu mengatakan pihaknya sangat memaksimalkan proses pencegahan dan penanganan Covid-19 agar tidak berimbas di Taliabu. Atas keraguan WHO dirinya mengaku akan menyambut baik kedatangan tim dinas kesehatan provinsi. Pihaknya akan memastikan status zona hijau adalah yang sebenarnya.

“Semoga dengan datangnya gustu provinsi bisa mendapatkan hasil yang memuaskan bahwa Taliabu benar-benar berusaha melakukan pencegahan sehingga sampai saat ini belum ada yang terpapar Covid -19. Silakan kita rapid test masal. Kan sudah pernah juga gustu laksanakan di Taliabu sesuai laporan tapi seakan-akan mereka meragukan kinerja kami. Dalam waktu dekat teman-teman sudah selesai pelatihan pengambilan swab maka dalam waktu dekat kami juga lakukan pengambilan swab”jelasnya.

Kepada awak media Minggu (28/6), Sutomo menambahkan, pihaknya siap menerima kedatangan tim gustu Malut agar bisa memberikan penanganan dan pencegahan yang lebih efektif lagi. “Artinya torang terima untuk dorang datang agar berikan pencegahan yang mungkin di Taliabu masih kurang maka lebih ditingkatkan lagi. Selain dari penanganan yang dilakukan gustu, masyarakat Taliabu juga berdo’a agar Covid-19 tidak masuk di Taliabu,”tandasnya. (Cal/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: