poskomalut.com
baner header

Desa Era Fagogoru Siap Dimekarkan

WEDA-PM.com, Pemerintah Halmahera Tengah (Halteng), berencana melakukan pemekaran satu desa baru di Kecamatan Weda Utara. Pemekaran desa baru yang rencananya diberi nama desa Era Fagogoru ini, berdasarkan instruksi bupati Edi Langkara saat melakukan kuker beberapa waktu lalu.

Untuk persiapan pemekaran desa baru, Dinas PMD Pemkab Halteng, langsung turun melakukan sosialisasi kepada warga yang berada di transmigrasi Waleh.

“Sesuai dengan instruksi Bupati Halteng beberapa waktu lalu di Desa Waleh saat Kuker, meminta segera memekarkan Desa baru di Daerah Transmigrasi. Desa itu akan diberi nama Desa era Fagogoru,”ungkap Kepala Bidang Pemdes, Dinas PMD Pemkab Halteng, Muawiyah H Gajal, Selasa (30/6).

Mantan camat Patani Barat ini menyatakan, sosialisasi kepada masyarakat dimaksud melihat kesiapan masyarakat menyambut pemekaran desa baru sejauh mana.

“Dalam sosialisasi kami menjelaskan  mekanisme pemekaran desa ke masyarakat.  Kami juga sampaikan, desa yang mau mekar itu harus menyimpan seluruh data kelengkapannya untuk disampaikan ke Bupati Halteng,” jelasnya.

Kepala Bidang menjelaskan, dalam hukum permendagri kitab PMD yang menangani tentang pemerintahan Desa, hukumnya wajib untuk mensosialisasikan kepada warga.

“Kalau dilihat dari sisi kesiapan,  masyarakat sudah siap untuk membangun wilayah administrasi baru. Salah satunya pada sisi kesiapan Administrasi sudah memenuhi syarat,”paparnya.

Dia menambahkan, selanjutnya akan dilakukan verifikasi data faktual di lapangan sesuai dengan data-data yang diajukan oleh desa sesuai sandaran permendagri. (msj/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: