poskomalut.com
baner header

Morotai Sudah 33 Kasus HIV/AIDS

MOROTAI-PM.com, Dinas Kesehatan Pulau Morotai mengungkapkan, dari tahun 2016 hingga 2020, sudah 33 orang yang terinveksi virus HIV/AIDS. Bahkan, kasus HIV/AIDS yang ditemukan di Morotai dalam setiap tahun mengalami peningkatan.

“Di tahun 2016, 10 kasus, di 2017 ada 7 kasus, 2018 ada 7 kasus, terus di tahun 2019 ada 19 kasus,” ungkap Kepala Bidang Perencanaan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Pulau Morotai, Syahril Adam.

Teridentifikasi penularan virus HIV kata dia, melalui hubungan seksual antara pria dan wanita. Bahkan untuk tahun 2020, lanjutnya, baru pada semester pertama, Morotai sudah terdapat 14 kasus.

“Yang mengalami ini selain pria ada juga perempuan yang mungkin karena suaminya terjangkit penyakit lewat seksual sehingga istrinya juga tertular,” katanya.

Ia mengaku, kabupaten Morotai belum memiliki unit penanganan penyakit HIV/AIDS di RSUD. Dengan demikian, pihaknya berencana akan membentuk unit tersebut di tahun ini. Namun, itu pun masih dipertimbangkan karena terkait wabah virus corona.

“Jadi penanganan HIV/AIDS kita rujuk ke Tobelo begitupula obat-obat masih didatangan dari Tobelo,” aku Syahril. 

Dengan adanya peningkatan kasus HIV tersebut. Pihaknya meminta masyarakat, agar menjaga kesehatannya dengan tidak melalukan hubungan dengan pasangan lainnya.

“Imbauan, kalau sudah resmi sebagai suami istri ya harus dengan satu pasangan, terus hindari seks bebas dan narkoba,” imbaunya. (ota/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: