poskomalut.com
baner header

Bupati Taliabu Bakal Diadukan ke Ombudsman

TALIABU-PM.com, Mustakim La Dee, pengacara Kepala Desa Samuya, Kecamatan Taliabu Timur,  Mahyudin Sinondeng, mengancam akan melaporkan Bupati Pulau Taliabu, Aliong Mus dan Wakil Bupati Ramli, kepada Ombudsman Perwakilan Malut.

Kepada Posko Malut melalui Rabu (1/7), Mustakim, menjelaskan, pihaknya menilai bupati tidak taat dan tidak mampu melaksanakan putusan pengadilan ini. Secara etika pemerintahan sangat tidak baik karena tidak tidak melaksanakan putusan pengadilan.

“Kami akan melaporkan bupati kepada Ombudsman Perwakilan Provinsi Maluku Utara, terhadap dugaan praktik mall administrasi. Kami juga akan melaporkan ke Mendagri karena sebagai kepala daerah tidak memberi contoh yang baik kepada masyarakat dan pemimpin di tingkat desa, “tegas Mustakim La Dee, pengacara Kades Samuya, Mahyudin Sinondeng.

Pj. Kades yang juga sebagai kepala pemerintahan Kecamatan Taliabu Timur, disarankan sarankan tidak lagi melaksanakan tugas-tugas kepala desa. Kalaupun ada upaya-upaya dalam menjalankan tugas kades yang dilaksanakan oleh Pj Kades Samuya, secara hukum dia juga menyalahgunakan kewenangan.

“Keputusan bupati tentang pemberhentian dan pengangkatan Pj Kades Samuya, tepat pada 18 Maret itu sudah tidak sah. Kami juga akan melaporkan Pj Kades Samuya ke kejaksaan, karena diduga melakukan penyalahgunaan kewenangan,”ujarnya.

Dijelaskan, pada perinsipnya, bupati sedang melakukan upaya hukum banding, namun  upaya hukum itu tidak menghentikan putusan PTUN.

“Kalau putusan pencabutan itu memang belum bisa dilaksanakan sampai ada putusan inkra dan berkuatan hukum tetap, tapi putusan penundaan itu sejak dikeluarkan putusan pada 18 Maret kemarin wajib dilaksanakan oleh bupati,”jelasnya. (Cal/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: