poskomalut.com
baner header

di Morotai Doi Rp 58,5 M Digeser ke Penanganan Covid-19

MOROTAI-PM.com, Kepala Dinas Keuangan Kabupaten Pulau Morotai Muhammad Umar Ali, menyebutkan, Pemda Morotai telah melakukan penggeseran anggaran ke penanganan Covid-19 di Morotai senilai Rp 58 miliar. Anggaran tersebut diambil dari APBD Morotai tahun 2020 dan sejumlah sumber anggaran lainnya.

“Rp 58,5 M itu diambil dari beberapa sumber anggaran, diantaranya Belanja Tak Terduga (BTT) yang direlokasi senilai Rp 37.706.697.000 dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kesehatan yang di rekofusing senilai Rp 20.797.708.870, sehingga totalnya pagu yang di geser itu Rp 58,5 miliar lebih,” ungkap Umar kepada awak media.

BTT juga terdapat dua sumber anggaran, yakni Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Insentif Daerah (DID) yang direlokasi. Sedangkan dana yang bersumber dari Dinas Kesehatan yang di geser untuk penanganan Covid itu murni dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kesehatan tahun 2020 yang direkofusing.

“Untuk DAK Kesehatan total Rp 20 miliar lebih itu yang sudah cair Rp 9 miliar lebih, sedangkan untuk dana BTT dari total dana Rp 37 miliar lebih yang sudah cair Rp 16 miliar, sehingga total dana yang sudah direalisasi untuk penanganan Covid itu Rp 25 miliar dari total pagu Rp 58 miliar lebih,” jelas Umar.

Umar mengkalaim, terkait perintukan anggaran Covid 19, Pemda Morotai tetap membuka ke public, sehingga publik bisa melihat realisasinya.

“Jadi, tidak ada yang kita tutup-tutupi, semuanya terbuka. Jadi kita tetap transparan soal penggunaan dana Covid ini, bahkan kita juga bisa rilis data penggunaan dana Covid yang lebih rinci itu setiap minggu biar hal ini jangan di anggap kita tutup-tutup,” akhirnya. (ota/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: