poskomalut.com
baner header

KPU Kota Ternate Masih Susun D4

TERNATE- PM.com, KPU Kota Ternate saat ini, masih melakukan penyusunan dan pemetaan hasil singkronisai yang dilakukan oleh KPU RI untuk data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) untuk diinput ke sidali (Sistim informasi data pemilih) sehingga keluar form A-KWK.

“Maka salinan A-KWK inilah yg nanti kami sampaikan ke Bawaslu kota Ternate. Form A-KWK ini adalah hasil penyusunan daftar pemilih dan pemetaan TPS, karena data hasil singkronisai yg di berikan oleh KPU RI itu belum di lakukan pemetaan TPS,” ungkap M. Zen A. Karim ketua bawaslu Kota Ternate pada Poskomalut.com, jumat (03/07/20).

Setelah selesai dilakukan pemetaan pemilih berdasarkan TPS dan di input ke sidali setelah itu baru disampaikan ke Bawaslu kota Ternate dalam bentuk form A-KWK. “Jadi sebelum tanggal 15 Juli form A-KWK sudah kami sampaikan ke Bawaslu kota Ternate,” ungkapanya.

M. Zen juga menjelaskan, KPU kota Ternate tidak melakukan singkronisai data, karena singkronisai data dilakukan oleh KPU RI, jadi KPU Kota Ternate menerima hasil singkronisai yang telah di lakukan oleh KPU RI sebagaimana diatur pada PKPU nomor 19 Tahun 2019 pasal 8.

Lanjut M. Zen, Data DP4 sebagaimana di maksud Bawaslu Kota Ternate itu telah dijelaskan lewat koordinasi KPU degngam Bawaslu kota Ternate, sebelum KPU Kota Ternate membalas surat Bawaslu Kota Ternate.

Bahwa DP4 sebagaimana di atur pada peraturan KPU nomor 19 Tahun 2019 tentang penyusunan Daftar pemilih pasal 7 ayat 1 bahwa pemerintah menyampaikan DP4 yang telah di konsolidasi, diverifikasi dan divalidasi kepada KPU paling lambat 6 bulan sebelum hari pemungutan suara dan ditembuskan ke Bawaslu. “Jadi kalau kita liat ketentuan PKPU, berarti DP4 tembusannya juga sudah di serahkan ke Bawaslu,” tuturnya.

Sejauh ini KPU kota Ternate sangat terbuka, dan selalu berkordinasi degan Bawaslu kota Ternate sebagai mitra penyelenggaraan dalam melakukan tahapan pemilihan walikota dan wakil wali kota, olehnya itu KPU Kota Ternate tetap bersinergi dgn Bawaslu kota Ternate untuk kesuksesan pilkada Kota Ternate. (Ris/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: