poskomalut.com
baner header

Dua CJH Morotai Tarik Uang Pelunasan

MOROTAI-PM.com, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Pulau Morotai Hasyim Hamzah, mengungkapkan, tahun ini tidak ada jamaah asal Kabupaten Morotai yang berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan rukun Islam yang kelima.

Hal ini karena terkait kasus Corona yang mewabah dunia. Akibat dari pembatalan tersebut. Dua orang calon jamaah haji (CJH) menarik uang pelunasan haji. “Ada dua orang jamaah yang sudah menarik uang pelunasan, mereka suami istri asal Desa Sangowo,” ungkap Hasyim.

Menurutnya, setelah kedua orang itu menarik uang pelunasan haji, maka mereka dianggap masuk dalam kategori jamaah tunda di tahun 2021 mendatang.

“Jamaah yang batal berangkat tahun ini kan digeser tahun depan, tapi dengan catatan tidak bisa menarik uang pelunasan haji, tapi kalau ada yang menarik uangnya maka dia masuk jamaah tunda tahun depan, kecuali tahun depan dia kembali melunasi baru dia bisa berangkat,” kata Hasyim. 

Penarikan uang itu dilakukan oleh pihak keluarga, karena dikabarkan satu dari dua  calon haji itu telah meninggal dunia. Hanya saja, hal tersebut bisa digantikan dengan keluarga

“Kalau misalnya tahun depan belum ada pihak keluarga yang mengantikan, lalu belum membuat pelunasan, maka dia tetap masuk jamaah tunda 2022,” terangnya, sembari menambahkan, yang bisa membatalkan CHJ tidak bisa melaksanakan haji di tahun berikutnya, terkecuali mereka telah menarik seluruh uang atau BPIH karena dengan begitu bisa dinyatakan masuk dalam kategori daftar antrian. (ota/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: