poskomalut.com
baner header

BPBD Halteng Imbau Warga Waspadai Longsor dan Banjir

WEDA-PM.com, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Halmahera Tengah (Halteng), mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap cuaca ekstrim. Pasalnya, curah hujan tinggi seperti saat ini berpotensi terjadinya bencana banjir dan longsor.

“Curah hujan yang tinggi. Untuk itu kami minta warga selalu waspada dan hati-hati terutama warga yang tinggal di sekitaran bantaran sungai dan dekat dengan bukit,”ucap Kaban BPBD Pemkab Halteng, Kamal Abdul Fatah, Senin 6 Juli 2020.

Mantan Kabag Kesra Setda Halteng ini mengingatkan warga untuk menghindari tempat-tempat yang berpotensi menimbulkan resiko ancaman banjir dan longsor. “Kami ingatkan kepada warga selalu waspada dan hindari tempat-tempat yang beresiko terjadi bencana,”imbuhnya.

Dia meminta warga berperan aktif untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, tidak membuang sampah di bantaran sungai. Sebab, membuang sampah secara sembarangan dapat mengakibatkan banjir. “Untuk warga yang rumahnya dekat dengan pohon agar cabangnya ditebang biar tidak roboh saat ada angin kencang. Sedangkan yang dekat dengan sungai jaga kebersihan sungai,”pintanya.

Kaban berjanji pihaknya akan aktif melakukan patroli dan memantau setiap daerah yang rawan dan punya potensi terjadinya longsor dan banjir. “Kami akan instens patrol. Untuk itu warga dapat melaporkan kepada BPBD maupun aparat TNI dan Polri bilamana terjadi banjir maupun longsor dan bencana lainnya,”ujarnya.(msj/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: