poskomalut.com
baner header

Klaim Kantongi 9 SK Rekom Parpol, FM-Mantap Berpeluang Lawan Kotak Kosong

TOBELO-PM.com, Eskalasi politik di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Halmahera Utara (Halut) lebih menguntungkan pihak petahana, Frans Manery, Muhlis Tapi Tapi (FM-Mantap). Hal ini setelah FM-Mantap mengklaim mengantongi sembilan SK rekomendasi partai politik (Parpol) sebagai kendaraan politik, bakal calon petahana ini optimis berpotensi melawan kotak kosong.

Setelah kalim itu, tidak menyurutkan niat FM-Mantap untuk memburu rekomendasi tiga Parpol tersisa yakni PKB, PDI-P dan Berkarya, ini bakal membuat peluang dua pasangan calon Joel Wogono, Said Badjak (Joel-Said), dan Haryanto Tantry, Kasman H Ahmad (Cun-Kasman) di Pilkada Halut semakin tipis.

Calon wakil Bupati Muhlis Tapi Tapi, yang juga wakil bupati aktif itu mengakui, saat ini FM-Mantap telah mengantongi enam SK rekomendasi Parpol yakni NasDem, PKPI, PAN, Demokrat, Hanura, dan Gerindra, sementara tiga Parpol menanti penyerahan SK rekomendasi oleh DPP Partai yakni PPP, Golkar, dan Perindo, dengan jumlah 18 kursi.

Menurut Muhlis, tiga partai tersisa, PKB, PDIP dan Berkarya. pihaknya masih tetap memburu rekomendasi.

“Kami juga diusulkan ke DPP PDI-P dalam penjaringan, jadi kami masih optimis mendapatkan PDI-P,” ujarnya.

Ia mengatakan, jika PDI-P suda merapat ke FM-Mantap, tersisa hanya empat kursi dari dua Parpol Berkarya dan PKB, tentunya sudah tidak memenuhi syarat dalam ketentuan pendaftaran di KPU.

Potensi melawan kotak kosong pada Pilkada tahun ini bisa terjadi, jika PDI-P dan PKB serta Berkarya berkoalisi mengusung satu Paslon, Paslon tersebut punya peluang melawan FM-Mantap pada Pilkada kali ini.

“Jika mereka mengusung ke salah satu Paslon, partai apa yang menjadi koalisi untuk memenuhi syarat dalam pencalonan, sebab kami suda kantongi 9 SK rekomendasi Parpol,” cetusnya. (mar/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: