poskomalut.com
baner header

Paripurna, Bupati Halteng Sampaikan Dua Ranperda

Elang: Pemda Dapat Apresiasi dari Pempus

WEDA-PM.com, Bupati Edi Langkara, menyampaikan dua rancangan peraturan daerah (Ranperda) pada rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Halmahera Tengah (Halteng), Senin (6/7).

Kedua ranperda yang disampaikan bupati di antaranya, ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun nggaran 2019, dan ranperda tentang perubahan atas peraturan daerah Nomor 12 tahun 2018, tentang pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Dua ranperda itu disampaikan ke DPRD guna dibahas dan dikaji secara bersama, dan diproses lebih lanjut guna menghasilkan peraturan daerah yang berkualitas. Kepala daerah menjelaskan, ranperda tersebut merupakan bagian dari kewenangan pemda dalam menetapkan produk hukum daerah, sebagaimana diamanat kan dalam pasal 18 ayat (1) ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2019.

Politisi Partai Golkar itu menyatakan, penyampaian ranperda tentang pertanggungjawaban merupakan salah satu kewajiban pemerintah yang secara konstitusional harus dipenuhi untuk disampaikan kepada DPRD.

Ranperda APBD tahun 2019 juga merupakan tanggung jawab moril secara konstitusi selaku pemegang mandat pelaksanaan anggaran daerah untuk menyampaikan berbagai pelaksanaan program dan kegiatan tahun anggaran 2019, sebagaimana diatur dalam peraturan pemerintah (Permen) Nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah. “Dalam permen ditegaskan kepala daerah menyampaikan ranperda tentang pertangungjawaban pelaksana APBD. Sebab, laporan keuangan yang telah diaudit oleh BPK selambat lambatnya 6 (enam) bulan setelah tahun anggaran berakhir,”kata bupati, saat menyampaikan pidato penyampaian dua ranperda tersebut.

Seraya menyampaikan, hasil pemeriksaan atas LKPD tahun anggaran 2019 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Maluku Utara (Malut), telah memberikan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) untuk yang kedua kalinya.

Pada kesempatan tersebut, mantan anggota deprov Malut itu juga menyampaikan kabar baik kepada para anggota DPRD. Kabar baik yang dimaksud yakni pemda mendapat apresisi dari pemerintah pusat (Pempus). Apresiasi itu diberikan karena pempus menilai kinerja Pemda Halteng sangat baik. Apresiasi pempus ke Pemda Halteng itu dalam bentuk pengalokasian dana insentif daerah (DID) sebesar Rp 51.420.268.00.  Bupati Langkara berharap, kepercayaan yang telah diamanatkan oleh pemerintah pusat dapat dijaga dan dipertahankan di tahun-tahun mendatang.(msj/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: