poskomalut.com
baner header

Warga Diimbau Hati-Hati Membeli Tanah di Morotai Selatan

MOROTAI-PM.com, Masyarakat Morotai diimbau agar berhati-hati ketika berniat membeli tanah di Wilayah Kecamtan  Morotai Selatan (Morsel). Pasalnya, dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini, pihak kecamatan beberapa kali menangani sengketa lahan, terutama yang berada di wilayah Daruba.

Hal ini diakui Camat Morsel Darmin Djaguna. Dirinya menyebutkan, sering terjadi sengketa tanah baik antara penjual maupun pembeli. Bahkan, dalam waktu 2 tahun terakhir sudah banyak masalah.

“Masalahnya bermacam-macam, ada yang lahannya sudah dijual, tapi dijual lagi ke orang lain, sehingga pemiliknya sampai dua hingga tiga orang. Jadi kalau beli lahan di Morotai harus diteliti baik-baik,” kata Darmin, mengingatkan.

Menurutnya, sengketa lahan memang sulit diselesaikan secara kekeluargaan. Dari sekian kasus yang dimediasi Camat dan Kepolisian, banyak tidak menemui titik terang, sehingga penyelesaiannya lebih banyak di pengadilan.

“Belum lama ini kita sempat mediasi satu masalah sengketa di LOC Desa Darame, tapi tidak selesai juga,” tandasnya, sembari menambahkan, untuk program Prona di Morotai saat ini hanya difokuskan di dua desa, yakni Desa Muhajirin dan Desa Dehegila. (ota/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: