poskomalut.com
baner header

Diduga Gelapkan Dana PKH, Sekdes Umiyal Halteng Polisikan

WEDA-PM.com, Sekretaris Desa Umiyal, Kecamatan Pulau Gebe, Sahrul Galib, dilaporkan ke Polres Halmahera Tengah (Halteng), lantaran diduga menyelewengkan dana bantuan sosial (Bansos) program keluarga harapan (PKH). Perbuatan yang mengarah ke tindak pidana korupsi ini sementara dalam penyeledikan Reskrim Polres Halteng. 

Kasat Reskrim Polres Halteng, AKP Effan Sulaiman, dikonfirmasi membenarkan adanya laporan dugaan penyelewengan dana PKH yang melibatkan Sekdes Umiyal.

“Laporan kasus ini sudah diterima dan akan ditindaklanjuti dengan memulai penyelidikan,” singkat perwira berpangkat anjun komisaris polisi ini, Selasa (7/7/2020).

Sementara itu, salah warga penerima PKH Desa Umiyal yang enggan menyebut namanya mengatakan, setiap pembagian dana PKH, Sekdes tidak pernah memperlihatkan bukti transaksi penarikan dana bansos program PKH dari bank kepada kami.

“Warga penerima PKH keluhkan hal ini, karena disetiap pembagian tidak disertakan dengan bukti transaksi penarikan dari bank,” katanya.

Warga tersebut menyatakan, jangankan bukti transaksi dari bank, buku rekening dan kartu ATM saja tidak ada di tangan mereka.

“Sejak tahun 2017 sampai saat ini, torang tidak pernah pegang buku dan kartu ATM, makanya tidak tahu cara pencairan maupun penarikan uang di bank. Pencairan dana PKH selama ini Sekdes yang urus,” jelasnya.

Sekretaris desa setiap penarikan atau pencairan dana bansos selalu melakukan pemotongan dari peserta penerima dana PKH yang jumlahnya jutaan.

“Untuk itu, kami berharap oknum Sekdes Desa Umiyal bisa diproses sesuai hukum yang berlaku,” pintahnya. (msj/red).

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: