poskomalut.com
baner header

RSUD Morotai Krisis Stok Darah

Hanya Tersisa 21 Kantong

MOROTAI-PM, Stok darah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Morotai, saat ini mengalami penurunan, karena pihak rumah sakit tidak berani melakukan donor darah. Bahkan, saat ini, hanya tersisa 21 kantong jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya cukup banyak.

“Diera pandemi ini, stok kami menurun karena kami tidak melakukan donor massal secara mobile di lapangan. Menurunnya bisa sampai 60%, dimana 2019 stok bisa mencapai 50 kantong sementara saat ini sebanyak 21 kantong darah,” ungkap Kepala Instalasi Laboratorium dan UTD RUSD Pulau Morotai Riyad A. Syamsudin, Selasa (07/07/2020).

Dirinya menyebutkan, stok 21 kantong darah didapat dari pendonor sukarela para keluarga pasien di RSUD, misalnya golongan darah O, darah A dan darah AB.

“Ada golongan darah O 8 kantong, darah A 5 Kantong, darah B 5 kantong dan darah AB 3 kantong,” ujarnya.

Ia berharap pandemi Covid-19 segera berakhir, sehingga aktivitas berjalan lancar. Karena pandemi ini sukarelawan pendonor darah bisa menyumbangkan darahnya untuk kebutuhan para pasien pun terbatas.

“Semoga pandemi ini segera berlalu, agar aktivitas dapat kembali seperti biasa, dan pelayanan kebutuhan darah untuk pasien yang membutuhkan tidak terkendala lagi,” harapnya. (ota/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: