poskomalut.com
baner header

144 Desa di Halut Selesai Distribusi BLT Tahap I

TOBELO-PM.com, 144 desa dari 196 desa yang tersebar di Kabupaten Halmahera Utara (Halut), sudah selesai mendistribusi Bantuan Lansung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) yang totalnya mencapai Rp. 11.694.000.000. BLT ini diperuntukan kepada masyarakat terdampak Covid-19. Total penerima BLT di 144 desa itu mencapai 8470 Kepala Keluarga (KK). Sementara 52 desa lainnya hingga saat ini belum menyalurkan BLT kepada masyarakat wajib penerima.

“Informasi terbaru untuk Halut sampai saat ini terkait penyaluran BLT dari 196 desa, sudah diangka 144 desa yang sudah disalurkan, total penerima BLT dari 144 desa itu 8470 KK. Kemudian jumlah BLT tersalur Rp. 11.694.000.000 yang suda dikucurkan ke Desa,” ungkap Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Wenas Rompies, saat ditemui Posko Malut, Rabu (08/07).

Menurutnya, proses pencairan anggaran harus mendapatkan rekomendasi dari DPMD Halut dan pertanggungjawaban DD tahap I tahun 2020 sudah selesai, kemudian diproses untuk pencairan dana BLT. Saat ini, lanjutnya, yang telah mencairkan dana BLT sebanyak 144 Desa dari 196 Desa se Halut. 52 desa lainnya itu ada yang suda terkonfirmasi untuk bisa dicairkan

“Hari ini (kemarin) juga ada terkonfirmasi beberapa desa sudah siap untuk dicairkan, besok (hari ini) akan ada penyerahan BLT di Kao, maka jumlah desa yang telah mencairkan akan terus bertamba, karena kita target 20 Juli 2020 semua desa suda mencairkan dana BLT,” jelas Wenas.

Wenas menjelaskan, setiap pembayaran dana BLT kepada wajip menerima ada mekanisme yang diatur melalui Peraturan Bupati dan edaran Sekda. Mekanisme itu, beruapa desa melakukan pendataan pada warga wajib menerima, kemudian dimusyawarahkan lalu data tersebut diusulkan ke Dinas Sosial dan Dukcapil Halut.

“Kenapa harus ke Dinsos, karena untuk mengetahui apakah data KK wajib penerima itu layak atau tidak, dan ke Dukcapil untuk memastikan data penermia BLT itu benar-benar beridentitas di desa setempat,” jelasnya.

Untuk pencairan dana BLT dibagi dua tahap, yakni tahap I dibayarkan per KK Rp. 600 ribu, disusul tahap II per KK Rp. 300 ribu. Pembayaran tahap II itu disesuaikan dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 50 tahun 2020 yang memerintahkan kepada seluruh Desa membayar BLT DD ke masyarakat.

“Seluruh kabupaten se Maluku Utara, hanya  Halut yang paling cepat dalam penyaluran BLT DD, ada beberapa Kabupaten belum disalurkan, namun Halut kita target 20 Juli tahap I sudah selesai, bahkan saat ini tahap II BLT DD sedang berjalan pengurusannya,” akhirinya. (mar/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: