poskomalut.com
baner header

Gustu Halut Longgarkan Aktivitas Pelaku Usaha

TOBELO-PM.com, Guna menghidupkan roda perekonomian di Kabupaten Halmahera Utara (Halut), ditengah-tengah penerapan new normal, maka tim gugus tugas (Gustu) percepatan penanganan Covid-19 Halut, perlahan melonggarkan aktivitas pelaku usaha. Ini dilakukan sesuai surat edaran Ketua Tim Gustu Covid-19 yang juga Bupati Halut Frans Manery, dengan nomor: 97/Satgas Covid-19/Halut tertangal 7 Juli 2020, tentang aktivitas dunia usaha.

Ketua tim Gustu Covid-19 Frans Manery mengatakan, setiap kegiatan dunia usaha, seperti aktivitas perdagangan, pasar, pertokoan, dan warung bisa berjalan sesuai regulasi, maupun perizinan yang berlaku. Sebelumnya kegiatan dunia usaha dibatasi y hingga pukul 20.00 WIT, tetapi dimasa new normal usaha mulai dibuka Pukul 06.00 WIT sampai 23.00 wit.

“Pengawasannya dilakukan oleh petugas keamanan (PAM) Gakum Satgas Covid-19 Halut. Kegiatan dunia usaha tersebut dilanjutkan dengan tetap melaksanakan prorokol Covid-19 dan bagi yang tidak patuh terhadap edaran dikenakan sanksi,” jelas Frans.

Orang nomor satu di lingkup Pemkab Halut ini menegaskan,  agar seluruh masyarakat pelaku usaha mematuhi aturan pelaksanaan dunia usaha dengan mengikuti protap kesehatan. Menjaga jarak, menyediakan tempat cuci tangan, dan memberlakukan penggunaan masker.

Sementara itu, surat edaran dari tim Gustu Covid-19 yang melonggarkan waktu dunia usaha mendapat sorotan dari Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Halut. Wakil Ketua Hukum dan HAM PD PM Halut Juraid Lidawa, meminta tim Gustu Covid-19 agar memperketat keamanan dan ketertiban pelaku usaha saat membuka usaha. Baik itu penegasan sanksi, jika ada pelaku usaha yang membuka usaha suda melebihi batas waktu dari edaran tersebut.

“Ini pelonggaran bagi pelaku usaha ditengah pandemi Covid-19, tentunya akan terjadi banyak kerumunan di tokoh, maupun caffe untuk itu harus ada penegasan sanksi bagi pelaku usaha yang tidak patuh terhadap edaran tersebut,” singkat Juraid. (mar/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: