poskomalut.com
baner header

Komisi I DPRD Halteng Dukung Dusun Sif Jadi Desa

WEDA-PM.com, Komisi I DPRD Halmahera Tengah (Halteng), mendukung pemekaran dusun sif menjadi desa. Ini disampaikan ketua komisi I Asrul Alting, saat melakukan pertemuan dengan perwakilan masyarakat dusun sif di kantor DPRD, Rabu (8/7).

Politisi PDI Perjungan ini mengatakan, yang disampaikan perwakilan dusun sif ke komisi I adalah menuntut dusun sif dimekarkan menjadi desa. “Jadi, pada prinsipnya komisi 1 mendukung pemekran dusun sif menjadi sebuah desa,”ucapnya.

Anggota DPRD tiga periode ini menyatakan, hasil monitoring komisi I di wilayah patani dan kecamatan weda, memang terdapat beberapa desa yang harus dimekarkan. Hanya saja, desa tersebut belum menunjukan data adminitrasinya.

Padahal, data tersebut sangat dibutuhkan dalam administasi kependudukan, seperti data tata batas, peta dan jumlah penduduk, karena itu merupakan salah satu persyaratan untuk suatu pemekaran, terutama jumlah penduduk dan jumlah kepala keluarga (KK) di desa itu.

“Jika telah memenuhi syarat, maka sudah selayaknya untuk dimekarkan agar bisa meningkatkan kehidupan masyarakatnya,”ungkap sekertaris DPC PDIP halteng ini.

Lanjutnya, komisi 1 akan mengundang dinas Pemberdayaan masyarakat desa (PMD) untuk membicarakan terkait dengan tuntutan masyarakat desa sif. Dia mengaku, jika melihat dokumen yang diajukan oleh tim pemekaran dari desa sif sudah lengkap. Meski begitu pihaknya akan kaji kembali bersama pemda lebih lanjut. 

“Kalau kita di DPRD pada intinya mendukung pemekaran wilayah demi kesejahteraan masyarakat halteng,” tukasnya. (msj/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: