poskomalut.com
baner header

Panwascam Ternate Utara Sukses Launcing Kampung Kaliber

TERNATE-PM.com, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Kota Ternate Utara mendeklarasi kampung Kaliber di Kelurahan Soa-Sio untuk mendorong kampung pemilihan bermartabat di pemilihan wali kota dan wakil wali kota Ternate tahun 2020.

Putry Nurdian Jailani, Ketua Panwascam Kota Ternate Utara menjelaskan, deklarasi kaliber di kelurahan Soa-sio adalah langkah awal Panwascam Kota Ternate Utara berkolaborasi dengan masyarakat untuk meningkatkan pengawasan partisipatif dalam kerja-kerja pengawasan di lapangan.

Menurutnya, jumlah personil pengawas ditingkat kelurahan dan kecamatan yang terbatas, dengan terbentuknya kaliber dikelurahan soa-sio dapat menjawab tantangan dalam pendidikan politik dimomentum pilkada serentak tahun 2020, sehinga tercipta pemilihan yang bermartabat, kampung martabat serta pemilu martabat dan masyarakat pemilih yang beartabat .

“Deklarasi launcing Kaliber di Kelurahan Soa-sio, Kecamatan kota Ternate Utara diharapakan menjadi teladan bagi kelurahan dan kecamtan lainya,” ujar Putry dalam rilis pada poskomalut.com, Senin (13/7/20)

Putry menuturkan, dari 8 (delapan) kecamatan yang ada di Kota Ternate, Kecamcatan Kota Ternate Utara yang mengelar laucing Kaliber di Kel. Soa-sio pada hari minggu (12/7/20).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Ketua Bawaslu Kota Ternate dan anggota Kapolres Kota Ternate, Camat Ternate Utara dan unsur masyarakat diantaranya Lurah Soa-sio, Jajaran Sekertariat, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Toko Pemuda dan Tokoh Perempuan.

“Dalam loncing kaliber tersebut, Kelurahan Soa-sio diapresiasi oleh tamu undangan yang datang,” katanya.

Menurtnya, Panwascam Ternate Utara dan jajaranya ditingkat kelurahan bersama-sama masyarakat di kelurahan tersebut mendorong kampung pemilihan bermartabat.

“Setelah louncing Kaliber, ada beberapa program yang akan kami laksanakan bersama masyarakat Soa-sio, membuat group media sosial seperti WhatsApp Group yang didalamnya melibatkan semua pihak seprti Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Adat dan sebagainya, sehinga hubungan antara pengawas berbasis kaliber tetap terjaga,” paparnya.

Putri menambahkan, dalam group WhatsApp tersebut akan dibagikan himbauan-himbauan pengawasan dalam pelanggaran pemilu dan memberikan pemahaman tentang regulasi dalam setiap tahapan pemiluh sehinga masyarakat bisa membantu kerja-kerja pengawas pemilu diwilayah yang tidak bisa dijangkau pengawas pemilu.

Ketua Panwcam Ternate Utara yang juga mantan jurnalus itu menegaskan, ada Lima poin harapan dan cita-cita terbentuknya kampung kaliber, yakni senantiasa selalu merawat silaturahmi dan persaudaraan sesama warga meski beda pilihan, tolak dan lawan praktek politik uang karna merusak harga diri pemilih dan martabat negeri, tidak menyebar berita hoax dan ujaran kebencian yang mengganggu kenyamanan masyarakat, menjaga integritas pilkada dari praktik manipulasi dan kecurangan dan bergandeng tangan bersama Bawaslu dan Panwaslu mewujudkan pemilihan kepala daerah yang bermartabat. (Ris/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: